Dandim Letkol Herwin Pimpin Peringatan Hari Pahlawan di Tabanan

Sabtu, 11 November 2017 : 08.21
TABANAN - Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol (inf) Herwin Gunawan memimpin upacara peringatan ini diikuti pejabat, aparat dan masyarakat lainnya di Lapangan Alit Saputra Tabanan.

Letkol Herwin membacakan sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, pada peringatan Hari Pahlawan yang dinilai sebagai momentum melanjutkan perjuangan para pahlawan, yakni dengan bersatu.

Bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur. Dengan segenap pemikiran, tindakan, gerakan dan perjuangan pahlawan, kita semua bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain.

"Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita, setelah kemerdekaan diraih maka tahapan selanjutnya adalah kita harus bisa bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara," ungkapnya.

Api perjuangan para pahlawan yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia terdiri atas 2 hal, yakni adanya harapan dan adanya pengorbanan. Apakah yang menadi pemantik sehingga para pendahulu kita berhasil memproklamirkan kemerdekaan saat itu?

"Keberanian itu dapat digerakkan oleh sebuah modal tak ternilai yaitu sebuah harapan," tegas Mensos dalam sambutannya.

Sebuah harapan yang menimbulkan optimisme dalam hidup dan membuka semua potensi dan terang kehidupan di masa depan. Dijelaskan, kebangsaan yang juga di kenang di hari pahlawan ini adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit.

"Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa “My Nationalism is My Humanity”. Kita bukanlah makhluk yang egois, namun makhluk sosial yang menghimpun menjadi satu sebagai sebuah bangsa yakni Bangsa Indonesia," demikian Mensos. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi