BMKG Ingatkan Nelayan, Tinggi Gelombang Perairan Selatan Bali Capai 3 Meter

Rabu, 29 November 2017 : 09.38
Gelombang pasang di Kabupaten Jembrana/dok.kabarnusa
DENPASAR - Masyarakat khususnya nelayan diingatkan agar memperhatikan keselamatan karena berdasar amatan cuaca saat ini ketinggian gelombang perairan Bali Selatan bisa mencapai 3 meter.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisiko (MKG) Wilayah III Denpasar M Taufik Gunawan menjelaskan, beradasar up-date Informasi Prakiraan Cuaca wilayah Bali 28-30 November 2017, kondisi cuaca umum saat ini berawan, berpotensi hujan ringan sedang.

Untuk suhu udara berkisar 22- 32 Derajat Celcius, di mana angin bertiup dari arah Barat Laut - Timur Laut dgn kecepatan 08 - 34 Km/Jam. Untuk tinggi gelombang laut di perairan Utara Bali berkisar 0,25 - 1.0 meter dan perairan Selat Lombok berkisar 0,5 - 2.0 meter.

Secara teknis, Taufik menjelaskan, kondisi itu disebabkan, Suhu muka laut diperairan Bali dan sekitarnya berkisar antara 27 - 30 derajat Celcius dlm kondisi lebih tinggi dari nilai rata2nya.

Demikian juha, massa udara basah terkonsentrasi pada lapisan permukaan hingga lapisan 200 mb. Kondisi ini mendukung pembentukan awan hujan di atas wilayah Bali. Pihaknya memprediksi 3 hari ke depan, angin bertiup dari arah Barat Laut - Timur Laut dgn kecepatan berkisar antara 8 - 34 km/jam.

"Tinggi gelombang laut di peraian Utara Bali berkisar antara 0.25 - 1.5 meter dan perairan Selatan Bali antara 0.5 - 3 meter," tuturnya dalam keterangan resminya, Selasa (28/11/2017). Sedangkan, perairan Selat Bali berkisar 0.5 - 2.5 meter dan perairan Selat Lombok berkisar antara 0.5 - 2.5 meter.

Untuk itu, perlu diwaspadai hujan dengan intensitas yang lebat terkadang disertai kilat/petir di Bali bagian barat, utara, tengah dan selatan serta tinggi gelombang laut mencapai 2.0 meter atau lebih di perairan selatan Bali.

BMKG menghimbau masyarakat, dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dpt ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir.

"Masyarakat nelayan dan pelaku kegiatana wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih disekitar wilayah perairan Selatan Bali," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi