Presiden Jokowi Siap Resmikan Pembangkit Listrik Micro-Hidro di Tabanan

Rabu, 25 Oktober 2017 : 06.30
Bupati Eka Wiryastuti menerima audiensi Kakanwil Agraria dan Tata Ruang BPN Bali
TABANAN - Presiden RI Joko Widodo diagendakan meresmikan Pembangkit Listrik Micro-Hidro (PLMH) di Jatiluwih Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Bali.

Rencana peresmian PLMH oleh Kepala Negara disampaikan Tim Badan Pertanahan Nasional Provinsi Bali yang melakukan audiensi dengan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di ruang kerja bupati setempat, Selasa (24/10/2017).

Kakanwil Agraria dan Tata Ruang BPN Jaya menyampaikan kedatangannya melakukan koordinasi persiapan dalam rangka peresmian Pembangkit Listrik Micro-Hidro (PLMH) dan penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Rencananya, dua agenda itu akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Hadir dalam pertemuan Kasi Hukum Kepala Kantor BPN Tabanan Ida Bagus Rediana dan Kasi Infrastruktur BPN Tabanan.

Disampaikan juga, Presiden Jokowi akan meresmikan Pembangkit Listrik Mikro Hidro di Jatiluwih, sekaligus jembatan penghubung Wangaya Gede dengan Jatiluwih dan Mengesta, Penebel.

Kemudian, Jokowi akan menyerahkan Sertifikat Tanah kepada masyarakat serta memantau Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). "Tabanan merupakan daerah terbanyak yang mendapatkan program PTSL ini," kata Jaya.

Ditargetkan saat penyerahan Sertifikat yang dilangsungkan di Pura Luhur Batukaru tersebut adalah 35.000 sertifikat. Pihaknya saat ini sudah menyelesaikan 15.000 sertifikat masyarakat di berbagai desa di Tabanan.

Diketahui, pembangkit Listrik Micro Hidro (PLMH) merupakan teknologi terbarukan yang diterapkan di Kabupaten Tabanan, dan satu-satunya di Bali. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas Pertanian serta melestarikan budaya di Kabupaten Tabanan, bekerjasama dengan Pemerintah Toyama, Jepang.

PLMH tersebut murni merupakan sumbangan Pemerintah Toyama Jepang. Karena ketertarikkannya atas keindahan alam dan Budaya Bali. Pemerintah Toyama terpanggil untuk ikut melestarikan dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Tabanan.

Hal tersebut tidak terlepas usaha Pemkab Tabanan memajukan sector pertanian di Tabanan. Juga merupakan wujud nyata kepedulian Pemkab Tabanan dibawah pimpinan Ni Putu Eka Wiryastuti terhadap Petani dan lestarinya budaya masyarakat Tabanan. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi