Kanker Payudara Pembunuh Nomor Satu, DSM Kampanyekan Hidup Sehat

Senin, 23 Oktober 2017 : 06.48
Ratusan perempuan mengikuti senam Zumba di Discovery Shopping Mall Kuta untuk kampanye hidup sehat
DENPASAR - Momentum perayaan Hallowen di dunia dimanfaatkan oleh Discovery Shopping Mall menggandeng Yayasan Bali Pink Ribbon untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dalam melawan kanker payudara sebagai pembunuh nomor satu di Indonesia.

Pendiri Yayasan Bali Pink Ribbon Hasta Sanders menjelaskan, sampai saat ini kanker payudara diketahui sebagai pembunuh nomor satu, sehingga sesuai visi misi yayasan yang didirikannya adalah mengkampanyekan deteksi dini kanker payudara dengan gaya hidup sehat.

"Dengan deteksi ini, akan menyelamatkan banyak nyawa, banyak perempuan yang datang ke kami atau rumah sakit, sudah pada stadium lanjut sehingga penanganannya pasti lebih rumit," jelas Hasta di sela Discovery Shopping Mall-Hallowen Experience di Amphitheater DSM Kuta, Minggu (22/10/2017) malam.

Jika pasien perempuan datang sudah dalam stadium lanjut tentunya akan lebih rumit, sakit dan sangat rawan di mana nyawa akan menjadi pertaruhannya. Sebagian besar dari mereka yang teridap kanker payudara mereka dari usia 40 tahun ke atas.

Hanya saja, dengan pola hidup sekarang, mereka yang terkena kanker payudara sudah menyerang anak muda bahkan di usia 16 tahun. "Bahkan, ada yang berusia 28 tahun kena kanker payudara dan harus diamputasi," sambungnya.

Dengan menurunnya hormon di usia 40 sampai 45, maka lebih rawan dengan mutasi gen, jadi gen lebih aktif. Karena itu, langkah paling tepat dengan deteksi dini atau dikenal SADARI setiap bulan. Begitu merasakan ada benjolan maka segera diperiksakan sehingga bisa dideteksi sejak awal semakin baik.

"Setiap bulan, perempuan yang mengalami menstruasi, dihitung pada hari ketujuh, karena jaringan payudara saat itu lembek, jadi bisa merasakan sendiri, jika ada benjolan keras seperti kacang hijau dari bawah ketiak sampai bawah payudara segera periksakan," katanya menambahkan.

General Manager Discovery Shopping Mall (DSM) Bima Putra menyatakan, Oktober ini merupakan bulan kesadaran kanker payudara yang merupakan kanker paling umum diderita kaum wanita.

Sayangnya, banyak yang belum sadar bahaya penyakit mematikan ini, padahal bila diketahui sejak stadium awal kanker ini bisa disembuhkan.

"Kami bekerja sama dengan Yayasan Bali Pink Ribbon, menyelenggarakan Hallowen Zuma Party for Charity, seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan kepada yayasan ini," ujar Bima

Selain tarian Zumba, acara dihadiri survivor kanker payudara yang akan menceritakan perjuangan mereka melawan kanker payudara serta peserta diajari untuk melakukan SADARI (periksa payudara sendiri).

Untuk pemeriksaan sendiri bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara yang bisa dilakukan sendiri. "Kami ingin mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat melalui olah raga, juga meningkatkan kesadaran mereka akan bahaya kanker payudara," tandasnya.

Penggalangan dana akan disumbangkan untuk Bali Pink Ribbon yang merupakan yayasan yang aktif memberikan informasi dan mendukung wanita Bali dalam melawan kanker payudara.

Selain itu, dalam kegiatan ini, anak-anak diajak mengikuti "trick or treat kids parade". Dalam parade ini, 100 orang anak menggunakan kostum spesial Hallowen akan mengelilingi area DSM untuk mendapatkan hadiah spesial dari tenant yang berpartisipasi.

Pada 29 Oktober 2017, DSM akan mengadakan DSM Halloween Party, yang merupakan puncak kemeriahan perayaan Halloween dengan menghadirkan berbagai hiburan menarik seperti Halloween custome competition dengan hadiah total Rp 5 juta.

Akan dihadirkan, sebanyak 15 ikon Halloween, DJ Berlin Bintang dan penampilan bintang tamu DJ Yasmin. Selain event-event menarik itu, pada bulan Oktober ini, pengunjung DSM dimanjakan diskon hingga 70 persen di tenant-tenant tertentu.

Pengunjung bisa mengikuti program belanja instant prizes di maa setiap berbelanja Rp 500 ribu menggunakan EDC Bank Mandiri, pengunjung bisa mendapatkan hadiah seperti souvenir menarik, voucher belanja, vpucher F&B sampai vpucher atraksi wisata hingga menginap di hotel berbintang. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi