Kalangan Kampus Saatnya Promosikan Gaya Hidup Sehat

Jumat, 27 Oktober 2017 : 19.00
Kuliah umum Prof Alan Graber di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta?foto:hms ugm
YOGYAKARTA - Selain sebagai lembaga pendidikan tinggi kalangan universitas juga memiliki tanggungjawab bagaimana meningkatkan derajat kesehatan civitas akademika salah satunya dengan mempromosikan gaya hidup sehat di lingkungan kampus.

Pakar kesehatan University of IOWA, USA Prof Alan Graber mengungkapkan, perguruan tinggi sudah saatnya bisa mempromosikan gaya hidup sehat untuk semua sivitas akademika.

"Gaya hidup sehat itu bisa dilakukan dengan membiasakan jalan kaki di dalam kampus dan tidak merokok," ujar Alan saat memberi kuliah umum di ruang multimedia UGM, Jumat (27/10/2017).

Ia menjelaskan, untuk hidup sehat perlu banyak makan sayur dan buah dengan mengurangi makan daging.

Demikian pula dengan kacang-kacangan, di banyak negara saat ini setelah dilakukan penyelidikan memiliki banyak kesamaan, mereka berkeinginan untuk membudayakan hidup sehat untuk warganya.

Menurut Alan , untuk membudayakan hidup sehat maka tugas dari dokter keluarga atau dokter pelayanan primer adalah sebagai pendamping. Mereka berperan menjadi pendamping anggota masyarakat untuk bisa menjalani hidup sehat.

"Dengan adanya pendamping hidup sehat, harapan hidup masyarakat tentu akan lebih tinggi. Kemudian angka kematian ibu, angka kematian bayi akan turun dan angka kepuasan masyarakat akan meningkat," katanya dilansir laman ugm.ac.id.

Dalam pandangan pemgajar Fakultas Kedokteran UGM, dr. Mora Claramita, MPHE., Ph.D. tidak mudah membudayakan hidup sehat di kampus karena untuk makanan ringan (snack), menu makan siang, atau rapat di kampus-kampus belum banyak pilihan.

"Apalagi untuk sayuran dan buah-buahan sehingga untuk yang vegetarian belum banyak pilihan," tuturnya usai kuliah umum.

Kata dia, di UGM sudah lumayan bagus dengan adanya fasilitas naik sepeda, namun untuk kawasan larangan merokok masih terbatas hanya di beberapa fakultas tertentu, belum menyeluruh di semua fakultas. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi