Bali Selatan Digoyang Gempabumi, Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 14 Oktober 2017 : 07.50
ilustrasi
DENPASAR - Sebagian masyarakat di Pulau Dewata merasakan adanya Gempabumi tektonik mengguncang wilayah selatan Pulau Bali.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi terjadi pukul 23.56.20 WIB dengan kekuatan M=4,8. Episenter terletak pada koordinat 9,57 LS dan 114,24 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 141 km arah Barat daya Jembrana - Bali pada kedalaman 48 Km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar M Taufik Gunawan menyatakan, peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, wilayah Pulau Bali bagian selatan berpotensi mengalami guncangan dalam skala intensitas I SIG BMKG atau II MMI.

Laporan dirasakan datang dari sebagian masyarakat setempat menyatakan telah merasakan guncangan dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI.

"Sampai laporan ini dibuat, guncangan dirasakan hanya beberapa orang dan tidak menimbulkan kerusakan," ungkap Gunawan dalam siaran persnya, Jumat (13/10/2017).

Ia menjelaskan, gempabumi selatan Bali ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia dengan mekanisme patahan turun (normal fault).

Hingga laporan disusun pada pukul 07.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Untuk itu kepada warga di pesisir selatan Bali dan Jawa Timur dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi