Wabup Sanjaya Apresiasi Tabanan Kites Festival 2017

Sabtu, 09 September 2017 : 16.06
Wabup Sanjaya membawa layangan Pecukan khas Tabanan usai membuka Tabanan Kites Festival 2017
TABANAN - Wakil Bupati (Wabup) Tabanan, Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi kepada Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Kabupaten Tabanan, khususnya kepada panitia Tabanan Kites Fastival 2017 yang mampu menghadirkan dan mengangkat kearifan lokal berupa layangan pecukan khas Tabanan dalam Tabanan Kites Festival 2017.

Wabup Sanjaya mengungkapkan hal itu dalam sambutan saat membuka Tabanan Kites Festival 2017 yang digelar di Subak Gadon II  di barat Pura Pekendungan, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu (9/9/2017)

"Saya memberikan apresiasi khusus kepada panitia yang menjadikan layang-layang pecukan khas Tabanan sebagai icon lomba dalam Tabanan Kites Festival ini yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Tabanan," katanya.

Menurut Sanjaya, tradisi bermain layang-layang ini, sudah ada turun temurun dari leluhur. Dari zaman dahulu Tabanan merupakan pelopor memainkan layang-layang, karena sesudah dari memanenkan padi di carik (sawah) para petani menghibur diri memainkan layang-layang di sawah.

Kabupaten Tabanan merupakan lumbung Padi dari dahulu di Bali, patutlah dilestarikan layangan tersebut agar tidak punah oleh zaman. Maka dari itu atas nama pemerintah daerah mengapresiasi panitia yang mampu menghadirkan 1.500 lebih layang-layang menghiasi langit Tanah Lot.

"Hal ini tentu bisa menarik para wisatawan untuk datang melihat secara langsung," paparnya.

Sebelumnya, Ketua Pelangi Tabanan yang juga Katua Panitia Tabanan Kites Festival, Made Edi Wirawan dalam laporannya mengatakan, Tabanan Kites Festival ini mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari sekha layang-layang di seluruh Bali. Ini terbukti dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 1.500 orang.

"Respon yang didapat sangat luar biasa, festival ini mendapatkan peserta lebih dari 1500 peserta. Ini merupakan jumlah terbanyak yang pernah ada dalam lomba layang-layang dibanding tempat lain," ungkapnya.

Menurut Edi, Tabanan Kites Festival yang baru kali pertama digelar di Tabanan ini akan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (9/9/2017) dan Minggu (10/9/2017).

"Panitia menyediakan total hadiah sejumlah Rp 100 juta. Selain itu, kami juga menyediakan door prize berupa sepeda motor Honda Scoopy dan ratusan hadiah hiburan lainnya seperti kulkas, televisi dan hadiah menarik lain," ujarnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi