Status Siaga, Warga Sekitar Gunung Agung Mulai Mengungsi

Selasa, 19 September 2017 : 06.30
Warga sekitar Gunung Agung Karangasem mengungsi /foto:istimewa
KARANGASEM - Sejumlah warga di beberapa lokasi dalam radius 6 kilometer dari Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali mulai mengungsi di tempat yang dipandang aman menyusul naiknya status gunung api itu dari level II Waspada menjadi Siaga atau level III.

Warga meninggalkan rumah mereka sejak Senin 18 September 2017 ke lokasi pengungsian sementara seperti di Mapolres Karangasem maupun ke tempat kerabat mereka yang lebih aman.

Kasbani dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi KESDM menyampaikan berdasar analisa data visual dan instrumnetal serta mempertimbangkan potensi ancaman bahayanya maka terhitung 18 September pukul 21.00 Wita status Gunung Agung dinaikkan ke level II (Waspada) ke level III (Siaga).

"Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki atau pengunjung agar tidak beraktivitas, tidak melakukan pendakian dan tidak berkemah di sekitar aera kawah Gunung Agung dan seluruh area dalam radius 6 km dari kawah atau pada elevasi 950 meter dari permukaan laut," kata Kasbani dalam surat elektroniknya.

Informasi dihimpun, sekira pukul 22.00 Wita warga Desa Desa Sebudi Kecamatan Selat sekira 35 orang mengungsi ke Polres Klungkung atau 7 kepala keluarga (KK). Selain itu ada beberapa warga lainnya mengungsi di tempat tinggal mereka yang lebih aman.

Para pengungsi sementara menempati Ruang Serbaguna Rusunawa Polres Klungkung dan Asrama Polres Klungkung. Petugas BPBD setempat telah melakukan pendataan pengungsi dan menyalurkan bantuan seperti nasi, air mineral, selimut hingga matras atau alas tidur. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi