Program Pendidikan Satu Hati, Astra Motor Bali Gandeng 8 Sekolah

Rabu, 27 September 2017 : 10.05
Penandatanganan kerja sama Astra Motor Bali dengan SMK 1 Denpasar
DENPASAR - Hingga ini sudah ada delapan sekolah yang telah bekerjasama dengan Astra Motor Bali Jalin dalam mengimplementasikan KTSM Astra Honda guna memperkuat Program Pendidikan Satu Hati.

Program Pendidikan Satu Hati diimplementasikan melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama main dealer Astra Motor Bali.

Astra menunjukkan komitmennya dalam menyiapkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berdaya saing tinggi diindustri otomotif dengan melakukan perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding) program kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda dengan SMKN 1 Denpasar.

Penandatanganan kerjasama kurikulum ini dilakukan, Senin (25/9/2017). Bertepatan ulang tahun SMKN 1 Denpasar yang ke 55 tahun, dengan mengambil lokasi di gedung sekolah tersebut.

Hadir dalam penandatangan MoU ini Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Perwakilan Satu Hati Education Program PT AHM, Gunardi, Tehnikal Service Manager Astra Motor Bali, Anton Prihatno, Kepala Sekolah SMKN 1 Denpasar Ketut Suparsa dan jajaran sekolah setempat.

Kepala Sekolah SMKN 1 Denpasar, Ketut Suparsa mengatakan, kerjasama ini dapat memberikan manfaat tidak hanya sekedar Tehnik saja namun juga dapat dikembangkan menjadi teknik Bisnis sepeda motor Honda.

Sementara menurut Menurut Perwakilan Satu Hati Education Program PT AHM, Gunardi, kerjasama link & match ini diharapakan bisa meningkatkan proses pembelajaran di SMKN 1 Denpasar.

KTSM Honda ini nantinya diharapkan menghasilkan output yang kompeten serta dapat bersaing di dunia kerja.

Tidak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Astra Honda yang ada di Bali.

Setiap lulusan juga akan melalui tes atau sertifikasi uji kompetensi keterampilan teknik sebelum memasuki dunia kerja. Dalam kesempatan sama, Manager Technical Service Astra Motor Bali Anton Prihatno mengatakan program ini sebagai salah satu program tanggung jawab social perusahaan dibidang pendidikan.

Silabus KTSM Astra Honda ini dikembangkan dengan memadukan standard kompetensi dan kompetensi dasar yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Guna menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Astra Honda, secara periodik Astra Motor Bali menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Astra Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda.

Selain itu lulusan yang berkualitas memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda dan juga dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang dibina langsung oleh jaringan AHASS.

Dengan dilakukannya penandatangan MoU ini, menambah jumlah KTSM Astra Honda di Pulau Dewata menjadi 8 sekolah, setelah sebelumnya SMK PGRI2 Badung (thn 2012), SMK Negeri 1 manggis Karangasem (thn 2014), SMK Rekayasa Denpasar (thn 2015), dan SMK Negeri 1 Amlapura(thn 2015), SMK N 1 Klungkung (thn 2016), SMK 1 Grokgak (2016), SMK N 2 Negara (2016), dan saat ini SMKN 1 Denpasar diresmikan. (nad)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi