Pengungsi Gunung Agung di Tabanan Tembus 4.851 Jiwa

Jumat, 29 September 2017 : 16.06
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (tengah berbaju putih) ngobrol dan makan bersama dengan para pengungsi yang berada di Posko Kecamatan Marga.
TABANAN - Sejak status Gunung Agung ditingkatkan dari siaga menjadi awas, jumlah pengungsi asal Karangasem yang mengungsi ke wilayah Kabupaten Tabanan dari hari ke hari mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan, jumlah pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Tabanan sampai, Jumat (29/9/2017) tercatat sejumlah 4.851 jiwa.

"Jumlah pengungsi dari hari ke hari mengalami peningkatan. Kemarin tercatat sejumlah 4.219 jiwa. Hari ini sampai jam 12.00 jumlah pengungsi di Kabupaten Tabanan tercatat 4.851 jiwa. Diprediksi besok jumlahnya sudah di atas 5.000 jiwa," ujar Kepala BPD Tabanan Gusti Ngurah Made Sucita saat dikonfirmasi, Jum'at (29/9/2017) sore.

Menurut Sucita, pengungsi tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan. Konsentrasi pengungsi terbesar bearada di Kecamatan Baturiti lebih dari 1.000 jiwa.

"Pengungsi berada di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan dan tersebar di 27 titik. Selain mengungsi di posko yang sudah dipersiapkan, mereka juga banyak yang mengungsi di rumah kerabatnya," jelas Sucita.

Sebelumnya, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam beberapa kesempatan peninjauan di lokasi pengungsian, selalu mengingatkan jajarannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para pengungsi.

Selain itu, Bupati Eka juga selalu menekankan agar jajarannya dan relawan yangt bertugas di Posko Pengungsian agar memperhatikan kesehatan para pengungsi. Di antaranya dengan menyiapkan tempat tidur yang layak, menu makanan yang sehat dan bervariasi serta sarana dan prasarana kesehatan lainnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi