Pelangi Tabanan Siap Gelar Festival Layang-Layang di Tanah Lot

Senin, 04 September 2017 : 17.18
Ketua Panitia "Tabanan Kite Festival"  Made Edi Wirawan (kanan) dan sekretarisnya Putu Eka Nurcahyadi (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan
TABANAN - Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Kabupaten Tabanan, Bali, akan menggelar Festival layang-layang bertajuk "Tabanan Kite Festival" berhadiah total Rp 100 juta di Subak Gadon II, di seputaran Obyek Wisata Tanah Lot, Kecamatan Kediri, Tabanan, selama dua hari, Sabtu-Minggu (9-10/9/2017) mendatang.

Ketua Pelangi Tabanan yang juga Ketua Panitia "Tabanan Kite Festival", I Made Edi Wirawan didampingi sekretarisnya Putu Eka Nurcahyadi mengungkapkan hal itu saat menggelar jumpa pers di Warung Subak, Tanah Lot, Senin (4/9/2017) siang.

Menurut Edi Wirawan, Tabanan Kite Festival akan melombakan berbagai jenis layang-layan yang terbagi ke dalam tiga kategori, yakni Kategori lokal Tabanan, Kategori umum dan Kategori Kreasi Baru.

"Kategori lokal Tabanan terbagi menjadi dua kategori layang-layang Bebean dan Pecukan. Kategori Umum terbagi menjadi delapan kategori, sedangkan kategori kreasi baru terbagi menjadi dua kategori yakni kategori bentuk dan ukuran bebas serta kategori bahan terbuat dari bambu," katanya.

Disebutkan, delapan kategori umum masing-masing adalah layang-layang Bebean remaja size 2-3 meter, Bebean dewasa size 3,5 - 5 meter, Bebean big size minimal 6 meter, Pecukan remaja size 2 - 3 meter, Pecukan dewasa size minimal 3,5 meter, Pecukan khas gegulak Tabanan size minimal 2,5 meter, Janggan remaja size 2-3 meter dan Janggan dewasa size 3,5 - 5 meter.

"Khusus kategori layang-layang Pecukan khas Tabanan size 3,5 - 5 meter, memperebutkan piala bergilir Bupati Tabanan," tegasnya.

Sekretaris Pelangi Tabanan yang juga sekretaris Panitia Eka Nurcahyadi menambahkan, panitia pada awalnya manergetkan peserta sejumlah 1.500. Namun target ini ditingkatkan menjadi 1.800 peserta karena banyaknya peminat.

"Pendaftaran diperpanjang sampai Hari Kamis, Tanggal 7 September 2017. Pendaftaran bisa dilakukan di Kantor DTW Tanah Lot Telpon 0361880361. Biaya pendaftarannya bervariasi tergantung kategori layang layang yang dilombakan," katanya.

Disebutkan untuk kategori Remaja layang-layang Bebean, Pecukan dan Janggan biaya pendaftarannya masing-masing Rp 80 ribu. Kategori Dewasa layang-layang Bebean, Pecukan, Pecukan Tabanan, Kreasi baru dan Bebean big size pendaftarannya Rp 125 ribu. Khusus layang-layang Janggan biaya pendaftarannya Rp 150 ribu.

Menurut Eka Nurcahyadi, dalam lomba kali ini panitia menerjunkan total 20 orang juri yang terbagi menjadi juri penilai dan peninjau masing-masing enam orang dan juri ukur layangan delapan orang.

"Juri berasal dari Pelangi Tabanan dan Pelangi Bali. Juri akan melakukan penilaian secara profesional dan transparan," pungkasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi