Patah Tulang dan Luka-luka, Evakuasi Korban Longsor Berlangsung Hingga Pagi

Senin, 04 September 2017 : 17.04
BULELENG - Sebanyak 2 (dua) orang penambang batu tertimpa longsor di Desa Pacung Tejakula, Buleleng, Minggu (3/9) sekitar pukul 15.00 Wita. Seorang diantaranya atas nama Komang Kadiarsa (27) telah terevakuasi dalam kondisi selamat namun mengalami patah tulang dan luka-luka.

Sementara itu korban meninggal dunia atas nama Ketut Sutarsana (50) baru berhasil diangkat dari himpitan batu sekitar pukul 03.30 Wita dengan kondisi tubuh yang mengenaskan.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Kantor SAR Denpasar, Koramil Tejakula, Polsek Tejakula, Sabhara Polda Bali. BPBD Buleleng, PMI, serta masyarakat setempat, telah semalaman mengupayakan pengangkatan korban.

Bekas galian bebatuan yang menyerupai celah tebing tersebut kondisinya masih labil. Kepala Kantor SAR Denpasar, Ketut Gede Ardana, S.E. yang turun langsung ke lokasi kejadian musibah, selalu memantau tim SAR bekerja.

"Resiko dalam operasi SAR ini cukup tinggi, dan saya harus memastikan prosedur yang safety, jangan sampai ada lagi korban-korban baru karena kondisi di sekitar galian batu ini masih sangat labil dan tim SAR gabungan bekerja dalam kondisi penerangan yang terbatas," ungkapnya.

Ardana juga menjelaskan bahwa tugas kemanusian sangat penting untuk dilaksanakan, namun tetap harus memperhitungkan keselamatan tim SAR yang bekerja.

Sampai dengan pukul 09.30 Wita tim SAR gabungan masih terus menggali reruntuhan demi berupaya mencari bagian kaki korban di dalam tumpukan-tumpukan batu tersebut. Sempat terjadi longor susulan, beruntung mereka sedang tidak melakukan penggalian.

Akhirnya sekitar pukul 10.50 Wita operasi SAR dihentikan, setelah sebelumnya dilakukan koordinasi dengan unsur SAR terkait, pihak desa serta keluarga korban.

Dari pihak keluarga telah mengikhlaskan kondisi jenasah Ketut Sutarsana yang sudah tidak lagi utuh, begitu pula dengan Bendesa Adat Desa Pacung. Hasil dari kesepakatan bersama oleh semua pihak, maka pencarian tidak dilanjutkan dan operasi SAR dinyatakan selesai. (Gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi