Panglima TNI Segera Kunjungi TMP Seroja dan Baucau Timor Leste

Selasa, 19 September 2017 : 12.41
DENPASAR - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo diagendakan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Baucau dan TMP Seroja Dili Timor Leste. Kunjungan Panglima berkaitan dengan peringatan HUT TNI ke72 Tahun pada 5 Oktober mendatang.

Pada momen bersejarah ini, guna memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para penjuang yang gugur dalam Operasi Seroja yang dimakamkan di TMP Seroja Dili dan TMP yang ada di Baucau Timor Leste.

"Kodam IX/Udayana melaksanakan rehabilitasi terhadap PMP yang ada di Dili maupun yang ada di Baucau," jelas Kapendam IX/Udayana, Kolonel Inf J Hotman Hutahaean dalam siaran pers diterima Kabarnusa.com, Selasa (19/9/2017) .

Sesuai pengecekan di lapangan, kondisi TMP Seroja Dili, sampai saat sekarang masih cukup bagus sehingga tidak perlu banyak diperbaiki.

Sementara TMP di Baucau kondisinya memang cukup memprihatinkan, selain sudah ditumbuhi oleh semak-semak dan rerumputan banyak bagian-bagian dari TMP yang perlu di perbaiki.

Perbaikan akan dilakukan seperti Gapura, Tembok Abadi, Tembok, Bangunan Singgah, Instalasi listrik dan Air serta Pusara yang sebagian besar sudah rusak dan banyak yang hilang.

"Personel terlibat dan peralatan yang dibutuhkan dalam rehabilitasi tersebut sudah diberangkatkan ke Timor Leste untuk melaksanakan perbaikan dan diharapkan pada tanggal 19 September semuanya sudah rampung," tegas Hotman.

Untuk mempersiapkan acara ziarah ini, perangkat Kodam IX/Udayana sudah disiapkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ziarah tersebut.

Selain itu,dalam memperingati HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, Kodam IX/Udayana memeriahkannya dengan berbagai kegiatan baik yang berkaitan pembinaan kedalam maupun kegiatan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menjalankan program pemerintah dan membantu kesulitan masyarakat.

Hotman menyampaikan, sejumlah kegiatan akan digelar, seperti pembinaan kedalam meliputi, lomba PBB, Renang Militer, Kesegaran Jasmani, Lintas Medan, Karate, Yong Moodo dan Pencak Silat.

Untuk kegiatan sosial kemasyarakatan dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial meliputi kegiatan Pengobatan Umum, Pengobatan Gigi, Pengobatan Mata, pembagian Kaca Mata gratis, Pemberian Kaki/Tangan Palsu, Donor Darah, Karya Bhakti, Operasi Katarak, Anjangsana, Pasar Murah, Pameran Alutsista dan Ziarah.

"Puncaknya 5 Oktober mendatang akan dilaksanakan Parade dan pengerahan Alutsista yang dimiliki Kodam IX/Udayana seperti Kendaraan PJD, Fancer Anoa, serta berbagai Alutsista lain yang dimiliki Kodam IX/Udayana," imbuhnya.

Semua kegiatan tersebut digelar bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Juga untuk membantu kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai sesuai dengan standar kesehatan dan membantu untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah jika di bandingkan dengan harga di Pasar Modern, Kios-kios maupun di pasar Tradisional.

Pameran alutsista digelar agar masyarakat mengetahui dengan pasti tentang alutsista yang dimiliki Kodam IX/Udayana. Dengan begitu masyarakat tahu kesiapan alutsista dan kekuatan TNI yang pada giliranya dapat menumbuhkan rasa bangga masyarakat terhadap kekuatan TNI.

"Juga, sekaligus akan dapat menumbuhkan rasa cita masyarakat terhadap TNI," katanya menegaskan. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi