Pangdam Udayana Instruksikan Jajaran Dukung Tanggap Darurat Gunung Agung

Minggu, 24 September 2017 : 21.45
Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak/dok.kabarnusa
DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak mendukung penuh upaya tanggap darurat yang dilaksanakan Pemprov Bali terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

Komaruddin menyebutkan, sejak status Gunung Agung ditingkatkan dari normal menjadi siaga pihaknya telah mengontak seluruh Danrem untuk menyiapkan personil lengkap.

Sejalan eskalasi aktivitas Gunung Agung yang saat ini telah mencapai level awas, TNI juga menyiapkan dapur lapangan, tenda dan kebutuhan lain bagi para pengungsi.

“Itu sudah diamanatkan dalam undang-undang kalau TNI berkewajiban mendukung pemerintah dalam upaya penanganan bencana,” tuturnya di Fun Bike serangkaian memperingati HUT TNI ke-72 yang mengambil start dan finish di depan Makodam IX/Udayana, Minggu (24/9/2017).

Pangdam menghimbau agar masyarakat yang berada dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) mengindahkan petunjuk yang diberikan oleh pihak-pihak yang berwenang. Dia juga mengingatkan para pengungsi menempati lokasi yang telah diatur dan ditetapkan pemerintah.

“Ada anggapan kalau mereka hanya akan mengungsi dalam jangka waktu pendek, padahal kita kan tidak dapat mempredikasi. Karenanya kami berharap para pengungsi menempati lokasi yang sudah ditentukan untuk memudahkan pengendalian,” tandasnya.

Usai pelaksanaan fun bike, Pangdam juga berencana melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi pengungsian.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Pangdam IX/Udayana. Menurutnya, dukungan dari seluruh komponen sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi