Jaring Wisatawan, Parade Budaya Semarakkan Lovina Festival 2017

Jumat, 08 September 2017 : 06.53
BULELENG - Lovina Festival ajang tahunan kembali digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng guna memberi suguhan hiburan bagi masyarakat dan wisatawan. Ajang yang akan menelan anggaran Rp 500 juta digelar sejak kamis 14-18 September 2017 di Pantai Binaria yang terkenal dengan nama Lovina.

Beberapa kesenian khas daerah Buleleng dari masing-masing desa penyangga Lovina akan ambil bagian sebagai ajang promosi desa itu sendiri dan Buleleng umumnya.

Diketahui, Lovina kini namannya kian mendunia dan mampu mengundang wisatawan manca negara. Bahkan, belakangan mulai ramai dikunjungi kapal-kapal pesiar luar negeri dengan membawa banyak wisatawan asing.

Kepala Dinas Pariwisata (DISPAR) Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna mengungkapkan, even tahun ini akan banyak pagelaran ditampilkan dengan alokasi anggaran mencapai 500 juta.

Desa penyangga Lovina yang akan ikut tampil meliputi, Desa Temukus, Kaliasem, Kalibukbuk, Anturan, Pemaron, Desa Kayuputih Kecamatan Sukasada dan dua desa tertua di Kecamatan Banjar mereka akan tampil.

"Kita tampilkan banyak pagelaran seperti berbagai Konservasi, Kebudayaan, Kesenian Nasional, Parada Budaya. Desa penyangga yang nantinya ikut tampil dalam event tersebut kita kasih 8 juta per desa," jelas dia.

Ditempat terpisah walaupun pengelolaan aset Lovina belum sah ke Made Ambu Kardika, namun hasil paruman adat Pakeraman Kalibukbuk menentukan pengelolaan aset Lovina akan diberikan ke Ambu Kardika.

Rencana setelah Lovfest ini jika sudah sah diberikan, kami akan perhitungkan jalan tersebut, secepatnya diusulkan perbaikan sambil menunggu anggaran perubahan agar penataan Lovina lebih efesien,

"Kami sebagai masyarakat lovina malu jika wisatawan melewati jalan tersebut. Kita akan tata aset yang sudah diserahkan ke adat itu secepatnya” jelas Kardika. (gde)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi