Idul Adha, Umat Muslim Diajak Syukuri Nikmat Kemerdekaan

Sabtu, 02 September 2017 : 06.06
DENPASAR - Ustadz Ustaz Habib Abdul Wahab dalam ceramah kutbah Salat Idul Adha mengajak umat muslim untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan dan tidak menyebarkan isu berbau SARA.

Hal itu disampaikan Wahab saat perayaan Shalat Idul Adha di Lapangan Basket SMAN 4 dan SMPN 7 Jalan Gunung Rinjani Denpasar, Jumat (1/9/2017). Umat diharapkan meneladani keihklasan dan kesabaran Nabi Ibrahim AS dalam mendapatkan perintah Nabi Ismail AS.

Seperti tercatat dalam Kitab Suci Al-Quran, pada akhirnya Allah SWT mengganti tubuh Nabi Ismail AS dengan seekor Kibas (Domba) saat Nabi Ibrahim AS bersiap menyembelih Nabi Ismail AS.

"Dari kisah keteladanan Nabi Ibrahim seyogyanya umat muslim bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," urainya.

Di akhir khutbah, seluruh elemen umat Muslim di Indonesia khususnya di Bali diajak untuk mensyukuri kemerdekaan Indonesia yang tahun ini sudah berusia 72 tahun Umat muslim diminta terus mensyukuri karunia dari Allah swt karena sudah merdeka selama 72 tahun berkat perjuangan para syuhada, mujahid dan perjuang.

"Mengisi perjuangan sebagai umat muslim saat ini dengan cara mengisi kemerdekaan di segala bidang dan juga tidak menyebarkan isu SARA yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama," tuturnya.

Perayaan Shalat Idul Adha (1/9/2017) di Bali khususnya di Kota Denpasar berlangsung di sejumlah lapangan terbuka. Salah satunya diselenggarakan di Lapangan Basket SMAN 4 dan SMPN 7 Jalan Gunung Rinjani Denpasar.

Sekitar 700an jamaah memadati lapangan yang rutin menjadi lokasi shalat Idhul Adha setiap tahunnya. Lapangan Basket sejak pukul 06.00 wita telah dipadati jamaah.

Jamaah yang memadati Lapangan Basket lebih banyak 3 kali lipat karena hampir sebagian warga muslim di Bali tidak mudik seperti saat perayaan Idhul Fitri.

Kendati jamaah yang tiba di lokasi pelaksanaan shalat idhul adha membludak namun jamaah dapat menggunakan areal sisi jalan aspal sebelah ujung kanan dan kiri lapangan basket untuk menunaikan shalat Idhul Adha.

Tahun ini penyelenggaraan Shalat Idul Adha di kawasan lingkungan muslim padat penduduk ini diselenggarakan oleh Rukun Warga Muslim RWM) Blok V dan Yayasan Al Fitrah / Bertindak sebagai Khotib yakni Ustaz Habib Abdul Wahab dan Imam Ustaz Mahyudin Hasan.

Tema yang diangkat dalam Khutbah Idhul Adha adalah "Semangat Berkurban Meningkatkan Takwa dan Kepedulian Sosial”.

Sementara perolehan sumbangan hewan kurban dari Rukun Warga Muslim dan Masjid serta Musholla di pemukiman muslim diantaranya RWM  Blok I mengumpulkan 6 ekor sapi dan 11 ekor kambing, RWM Blok II mengumpulkan 4 ekor sapid an 24 ekor kambing, RWM Blok III mengumpulkan 3 ekor sapid an 14 ekor kambing, RWM Blok IV mengumpulkan 4 ekor sapid an 12 ekor kambing. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi