Hadiri Idul Adha, Bupati Badung Ungkap Persamaan Umat Islam dan Hindu

Jumat, 01 September 2017 : 08.27
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta hadir di tengah umat muslim yang hendak melaksanakan salat Idul Adha/foto:kabarnusa
BADUNG - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menegaskan sejatinya umat Muslim dan Hindu memiliki persamaan dalam hal sama-sama melaksanakan kewajiban dan ibadah sesuai agama masing-masing.

Hal itu ditegaskan Bupati Giri saat menghadiri penyerahan hewan kurban dan pelaksanaan Salat idul Adha di Lapangan Puspem Badung, Mangupura, Jumat (1/9/2017) pagi.

"Saya mengapresiasi yang setulus-tulusnya, khususnya kepada para umat muslim di Kabupaten Badung, itulah maka saya paham umat muslim di Badung, telah mampu mewarnai kehidupan dan pembangunan masyarakat di Badung," ujar Bupati Giri disambut applaus ribuan umat.

Pada kesempatan itu, pada hari suci ini, Giri menyampaikan kepada seluruh umat muslim, sudah barang tentu, umat Muslim dan umat Hindu itu sama.

"Letak kesamaannya di mana, umat Hindu melaksanakan Hari Raya Galungan, Kuningan, Nyepi, Sarawasti, Purnama, Tilem misalkan seperti itu. Bahkan, umat muslim lebih banyak lagi, salatnya, puasa bulan suci ramadan, idul adhanya," tutur bupati yang dekat dengan kalangan berbagai umat beragama itu.

Itulah makanya, kata Bupati Giri, begitu banyak, begitu panjang kegiatan yang harus dilaksanakan umat muslim. Belum lagi, hitungan dalam kitab suci, umat muslim minimal dalam hidup ini, harus bisa menjadi tamu Allah di Tanah Suci Mekkah.

"Itulah, saya merasakan dan saya berbangga umat muslim nusantara, khususnya di Bali dan lebih khusus umat muslim yang ada di Badung telah mampu melaksanakan tugas-tugasnya itu," tegas bupati dari PDI Perjuangan itu.

Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi kepada umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah kurban di hari raya Idul Adha, Bupati Giri menyumbangkan dua ekor sapi untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak dan membutuhkan.

Dua ekor sapi sumbangan itu, kata Giri telah sesuai dengan kriteria kesehatan dan telah diperiksa tim kesehatan untuk dikonsumsi dan bisa dibagikan kepada masyarakat.

"Kepada tokoh-tokoh muslim, saya titipkan pesan, ayo bersama-sama membangun Badung. Pancasila sila kelima Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia artinya, semua insan agar sama dapat sama rasa, mohon maaf bila ada hal-hal yang tidak berkenan," demikian Bupati Giri.

Sementara itu, pelaksanaan salat Idul Adha berjalan tertib dan lancar dihadiri ribuan umat muslim di Kabupaten Badung dan sekitanya. Bertindak sebagai imam H Aabdul Halim Raihan sedangkan Katib Ketua MUI Denpasar H Saifuddin Zaeni. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi