Gunung Agung Siaga, Gubernur Pastika Minta Lansia dan Anak-anak Dievakuasi

Jumat, 22 September 2017 : 00.00
KARANGASEM - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah yang rentan di Gunung Agung Kabupaten Karangasem Bali agar segera mengungsi demi meminimalisir adanya korban jiwa.

Ia juga meminta agar para lansia, ibu hamil, orang cacat, orang dengan gangguan jiwa, anak-anak atau balita diharapkan mereka dengan sukarela untuk mau dievakuasi.

“Tempat evakuasinya nyaman kok, anak-anak sekolah kita titipkan di sekolah terdekat, yang sakit kita rawat, semua sudah siap. Kita optimis bisa meminimalisir sekecil mungkin kerusakan yang terjadi,” katanya, Kamis (21/9/2017).

Dibagian lain, Gubernur Pastika didampingi Bupati Karangasem, IGA Mas Sumantri juga mengunjungi pengungsi di Wantilan Pura Puseh Banjar Tabola Desa Sidemen.

Menurut Bupati Karangasem Mas Sumantri, terdata pengungsi dari desa-desa pada radius 6 kilometer dari kawah Gunung Agung yang mengungsi di Kecamatan Sidemen mencapai 507 orang berada di Desa Tabola dan Desa Sangkan Gunung.

Pada kesempatan tersebut Pastika memastikan ketersediaan matras, selimut, makanan bayi, MCK, air minum, dan tim kesehatan.

Pihaknya juga memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan melaksanakan Safari Kesehatan di lokasi-lokasi pengungsian untuk memaksimalkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat.

Pastika menyempatkan bersantap siang sajian yang dimasak tim dapur umum bersama-sama para pengungsi di Wantilan Pura Puseh Banjar Tabola. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi