Antisipasi Letusan Gunung Agung, Warga Nongan Karangasem Siapkan Kamp Pengungsian

Rabu, 27 September 2017 : 10.20
Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama mengunjungi pengungsi di Nongan Kecamatan Rendang Karangasem
KARANGASEM - Jiwa kepedulian dan kesetiakawanan sosial ditunjukkan warga Desa Nongan Kecamatan Rendang kepada para pengungsi Gunung Agung Kabupaten Karangasem dengan membangun kamp pengungsian.

"Sampai saat ini di wilayah kami ,asih aman untuk sementara," ujar tokoh pemuda Desa Nongan Komang Supartha dihubungi, Rabu (27/9/2017).

Menurut Suparta, masyarakat di wilayahnya terus memantau kondisi Gunung Agung yang saat ini telah ditetapkan statusnya menjadi level IV atau Awas. "Kami akan lihat setelah erupsi. Kalau itu meluas, maka desa kami juga akan mengungsi," tegas Suparta.

Keputusan dan langkah antisipasi itu, kata diam juga telah dibahas bersama para prajuru adat setempat termasuk sudah menyiapkan camp pengungsian di sejumlah lokasi.

Pihak Desa Nongan sudah melakukan koordinasi dengan pemuka adat, kepala desa dan pemuda serta instansi terkait jika Gunung Agung Erupsi dan sampai menyentuh radius 15 km dari puncak gunung yang masih aktif itu.

"Maka kami seluruh warga Nongan yang mencapai sekitar 6000 orang akan mengungsi ke Desa Nyanglan dan Timuhun Kabupaten Klungkung," imbuhnya.

Dikatakan Suparta, saat ini para relawan Nongan sudah mengumpulkan data dan juga membantu pengungsi dari wilayah Besakih, Pempatan dan wilayah sekitarnya

Untuk itu, pihaknya mempersilakan kepada masyarakat atau pihak-pihak lain yang ingin memberikan sumbangan dalam bentuk apapun seperti sembako atau obat-obatan, untuk membantu para pengungsi yang masih bertahan di kamp-kamp pengusian sejak beberapa hari terakhir. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi