Alfamart Bali Salurkan Donasi Uang Kembalian Konsumen Kepada Anak Sekolah

Sabtu, 09 September 2017 : 06.22
Deputy Branch Manager Alfamart Bali, Musan Husin/foto:kabarnusa
DENPASAR - Perusahaan ritel terkemuka Alfamart membagikan bingkisan berupa seragam dan keperluan sekolah lainnya bagi pelajar di Denpasar Bali yang berasal dari pengumpulan donasi atau uang kembalian konsumen yang berbelanja yang terkumpul.

Jumlah sumbangan yang diberikan anak-anak sekolah lewat dana donasi para konsumen hingga saat ini telah mencapai seribuan paket. Deputy Branch Manager Alfamart Bali, Muhson Husin mengungkapkan, pihaknya bergerak untuk turut serta dalam memajukan dunia pendidikan di Bali dan Tanah Air umumnya.

Dia mengungkapkan, program donasi dari para konsumen ini didapat dengan mengumpulkan dana sisa atau pengembalian berbelanja di bawah Rp 500 yang biasanya dalam bentuk uang pecahan atau receh.

"Sebelum didonasikan konsumen ditanya oleh para kasir. Apakah sisa pengembaliannya di sumbangkan atau diambil. Jika didonasikan maka dicatat ke pembukuan donasi itu," kata Muhsan di menghadiri acara penyerahan "Program Keluarga Harapan (PKH)" di Denpasar, Jumat (8/9/2017).

Disebutkan, pengalangan dana untuk kepentingan pendidikan murni berasal dari donasi konsumen yang dikumpulkan secara nasional di mana tahun 2017 total dana yang terkumpul secara nasional mencapai Rp 2-3 miliar.

Adapun sekolah atau siswa-siswa yang mendapatkan bantuan peralatan sekolah dasar dan sekolah menengaah pertama (SD dan SMP), datanya berdasar dari Kementerian Sosial atau pun Dinas Sosial setempat.

Dengan kata lain, semua dana yang terkumpul diserahkan kepada Kementerian Sosial sehingga pihaknya kami tidak langsung mengelolanya. "Jadi, kami hanya dilibatkan dalam penyerahan bantuan oleh pemerintah," sambungnya.

Pada bagian lain Muhsan juga menandaskan bahwa bantuan pendidikan ini tidak dalam kaitan dana kepedulian sosial (CSR) perusahaan melainkan murni sumbangan konsumen Alfamart.

"Semua untuk donasi di bidang pendidikan adalah murni dari para donasi sebagai konsumen Alfamart di seluruh Indonesia, beda dengan dana CSR" jelas dia. Hingga saat ini, penyaluran peralatan sekolah untuk di Bali sejak tahun lalu sudah tersalurkan 1000 paket. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi