Setahun, 4000 Ekor Tukik Dilepas di Perairan Tabanan

Sabtu, 12 Agustus 2017 : 08.33
TABANAN - Sejak setahun terakhir tercatat 4000 ekor tukik atau anak penyu yang sudah dilepasliarkan ke lautan lepas Perairan Tabanan Bali. Aksi terakhir dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabanan melepas 1000 ekor tukik di Pantai Pengasahan, Desa Lalanglinggah, Selemadeg Barat, Jumat (11/8/2017).

Selain menjaga kelestarian binatang langka tersebut kegiatan ini juga merupakan serangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Hadir Asisten II Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan I Made Subagia, OPD Tabanan, anak-anak sekolah dan masyarakat setempat.

Ketua Panitia Made Subagia, melaporkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dikatakannya tukik yang dilepas tahun ini adalah sumbangan dari Bapak Gede Sastra Kemala Putra.

"Sampai tahun 2016 sudah 4000 tukik yang dilepas. Untuk hari ini 1000 tukik yang dilepas semuanya sumbangan dari Bapak Gede Sastra Kemala Putra. Beliau adalah seorang pencinta lingkungan dari desa setempat, Beliau merawatnya, hingga akhirnya dilepas pada hari ini," terangnya.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasi atas kegiatan positif tersebut dan diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut.

"Kegiatan ini harus terus dilanjutkan demi melestarikan keberadaan penyu di Tabanan yang sedikit demi sedikit mulai punah," ungkap Eka dalam sambutannya dibacakan Miarsana.

Dia menghimbau masyarakat menjaga kebersihan pantai. Sampah di laut selalu jadi masalah bagi penyu. Populasi penyu dipengaruhi oleh sampah yang mengambang di air dan terdampar di tepi pantai.

"Kemunculan plastik yang meningkat dan berakhir di pantai akan berdampak pada hewan yang menghuni lautan dan menelan sampah ini. Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga ekosistem laut/pantai," imbuhnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi