Pangdam Udayana Tegaskan Kondusifnya Hubungan Pertahanan RI dan India

Rabu, 30 Agustus 2017 : 18.30
DENPASAR - Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak menegaskan hubungan diplomatik antara Indonesia dan India termasuk dalam hubungan pertahanan kedua negara selama ini berjalan cukup baik.

Delegasi National Defence College (NDC) India bertemu Pangdam Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak beserta para pejabat teras Kodam di Ruang Sthana Yudha Makodam IX/Udayana.

Delegasi NDC India setingkat LEMHANAS ini terdiri dari 3 perwakilan negara asing (India, Srilangka dan Egypt) dengan 16 orang personel dipimpin oleh pimpinan rombongan, Shri Abhay Tripathi, IAS AddI Secy dan SDS (CS), NDC.

Rombongan Delegasi NDC tiba di Makodam diawali pemberian hormat berjajar regu jaga kepada pimpinan rombongan dan selanjutnya di sambut oleh para pejabat teras Kodam antara lain Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya.

Kepada delegasi NDC India, Panglima Komaruddin menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kunjungannya.

"Mudah-mudahan kegiatan seperti ini di samping sebagai sarana silaturahmi juga dapat dijadikan wahana pertukaran informasi atas dasar persahabatan dan saling menghormati," tegas Komaruddin, Rabu (30/8/2017).

Setelah memperkenalkan para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang mendampinginya, Pangdam menyampaikan tugas pokok Kodam IX/Udayana yang mewilayahi tiga provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur adalah menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah daratan Bali dan Nusa Tenggara.

"Indonesia dan India memiliki hubungan kerja sama diplomatik yang sangat baik dalam melangsungkan pembangunan ekonomi dan pertahanan masing-masing negara, maka dibutuhkan situasi yang kondusif," tuturnya.

Salah satu peran strategis guna mendukung kelancaran pembangunan pertahanan tersebut adalah keberadaan Tentara Nasional di masing-masing negara.

"Kunjungan semacam ini saya nilai sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan Tentara Nasional India," tandasnya lagi.

Melalui kunjungan resmi ini kita dapat bertukar informasi, saling memberi masukan atau semacam studi banding guna mengoptimalkan peran dan tugas Tentara Nasional kedua negara.

"Jika Tentara Nasional di masing-masing negara dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik maka akan tercipta situasi yang kondusif antara Indonesia dan India khususnya, dan kawasan Asia pada umumnya," demikian Pangdam.

Pimpinan Delegasi NDC India berterimakasih atas kesediaan Pangdam IX/Udayana beserta para pejabat teras Kodam bersedia menerima kunjungannya beserta rombongan. Pihaknya banyak mendapatkan masukan tentang wilayah dan tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Pada acara tersebut Delegasi NDC India juga diajak menyaksikan film, profil Kodam IX/Udayana dan dilajutkan dengan Tanya jawab terutama yang berkaitan dengan tantangan tugas yang dihadapi oleh Kodam IX/Udayana.

Juga keberadaan kapal yang digunakan untuk menjaga keamanan wilayah laut yang menjadi tangungjawab Kodam IX/Udayana, serta tugas-tugas TNI dalam membantu Pemerintah Daerah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi