Menteri PANRB Asman Sebut Denpasar Jadi Contoh Mal Pelayanan Publik

Senin, 28 Agustus 2017 : 16.40
Menteri PAN RB Asman Abnur mengunjungi Graha Sewaka Dharma Lumintang
DENPASAR - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur mengapresiasi pelaksanaan pelayanan publik terpadu satu pintu Pemkot Denpasar di Graha Sewaka Dharma Lumintang yang disebutnya layak menjadi contoh Mal Pelayanan Publik di Indonesia.

Menteri Asman mengunjungi Graha Sewaka Dharma Lumintang, didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa kehadiran Menteri PAN RB disambut langsung Wali Kota I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara.

Selumnya beberapa Menteri PANRB yang menjabat rutin berkunjung ke Graha Sewaka Dharma Lumintang. Juga kunjungan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga sempat meninjau prosesi pelayanan publik satu pintu Pemkot Denpasar.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Asman meninjau satu persatu pelayanan publik digedung yang ditempati lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar, serta ruang kontrol Damamaya Denpasar Cyber Monitor.

Dia mengatakan pelaksanaan pelayanan publik Pemkot Denpasar telah berjalan dengan baik. "Hal ini nantinya akan dijadikan contoh Mal Pelayanan Publik di Indonesia," ujar Asman, Senin (28/8/2017).

Ini tak terlepas sistem manajemen kinerja pemerintah daerah yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo mengarah pada hasil kinerja setiap program pembangunan yang dirancang pemerintah daerah.

Disamping itu, Pelayanan Publik Denpasar telah menjadi percontohan dan masuk sebagai top pelayanan publik tingkat Nasional. "Pelayanan publik Denpasar di Graha Sewaka Dharma sudah bagus, harapkan dalam waktu tiga bulan Denpasar disulap jadi Mal Pelayanan Publik," ujarnya.

Asman menjelaskan Mal Pelayanan Publik menjadi satu kesatuan pelayanan yang terintegrasi dalam satu gedung. Seperti Graha Sewaka Dharma ini yang nantinya akan ditambahkan dalam beberapa pelayanan seperti pelayanan pengurusan tanah yang bisa terintegrasi dengan perizinan daerah.

Sehingga dalam satu gedung pelayanan masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan.

"Bagaimana istilah Mal perbelanjaan masyarakat datang dan dapat mencari berbagai kebutuhan, sehingga hal ini kita segera akan jadikan Denpasar sebagai Mal Pelayanan Publik," ujarnya.

Walikota Rai Mantra mengatakan konsep Graha Sewaka Dharma menjadi satu konsep gedung pelayan publik yang terdiri dari lima dinas dalam satu gedung pelayanan yang juga telah mencakup pelayanan BPJS Ketenaga Kerjaan.

Apa yang menjadi harapan Menteri PANRB akan kita lakukan bersama sesuai dengan komitmen pelayanan publik Pemkot Denpasar. Kedepan menjadi Mal Pelayanan Publik akan ditambahkan seperti Badan Pertanahan, hingga PLN, yang tentunya menanti draf dari PANRB.

"Nantinya, masyarakat dapat datang mengurus adminsitrasi pelayanan dalam satu gedung pelayanan, dan diharapkan dapat menjadi komitmen bersama dalam pelayanan publik," ujar Rai Mantra.

Sebelumnya, di tingkat Internasional prosesi pelayanan Publik Denpasar mendapatkan apresiasi dengan kehadiran Chairman of the State Agency of Public Service and Social Innovations under the President of the Republic of Azerbaijan, Inam Karimov beberapa waktu lalu. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi