Mantap, Tabanan Kembali Raih Penghargaan Adipura

Jumat, 04 Agustus 2017 : 05.31
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti (tengah) bersyukur Tabanan kembali meraih penghargaan Adipura kali ketiga
TABANAN - Kabupaten Tabanan, Bali tahun ini kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Adipura diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti di auditorium Gedung Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada, Rabu (2/8/2017).

Terkait penghargaan Adipura kali ketiga yang diterima Tabanan, Bupati Eka mengaku bersyukur dan menyampaikan rsaa terima kasihnya kepada seluruh warga Tabanan dan pihak-pihak terkait.

Menurut Bupati Eka, masih banyak inovasi dan program di bidang lingkungan hidup yang bisa dikembangkan di Tabanan. Selain bank sampah yang sudah berjalan baik, upaya untuk tetap mengajak masyarakat mengolah sampah masih perlu dikampanyekan lagi.

"Kalau semua pihak mau, Tabanan pasti bisa. Kecamatan pun harus punya inovasi dalam mengelola sampahnya. Bagaimana mindset-nya mengubah sampah bisa menjadi berkah," paparnya.

Hal lainnya adalah membuat ruang publik yang lebih banyak seperti taman bermain atau taman kota. Melanjutkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Toyama, Jepang, yang sejauh ini sudah berjalan baik di Jatiluwih dengan adanya pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro.

"Dengan kerja sama Jepang kita ingin mengelola sampah menjadi energi, menjadi pupuk organik yang berkualitas dan menjadi produk berkualitas ekonomi tinggi. Cuma penerapannya terbentur dengan anggaran Tabanan yang tidak besar.

Makanya kita ajak pihak luar. Kebetulan kita punya kerja sama G2G (government to government) dengan Kota Toyama, Jepang," paparnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi