Indahnya Pantai Tureloto Tak Kalah Elok dengan Pantai di Bali

Sabtu, 19 Agustus 2017 : 11.40
Keindahan Pantai Tureloto di Kabupaten Nias Utara, Sumatra Utara
NIAS UTARA - Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung menikmati keindahan Laut Mati di Pantai Tureloto, Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara memang masih terasa asing. Namun, jika sudah menginjakkkan kaki di sana yang tersisa hanya decak kagum akan keelokan pantai yang berpasir putih dan memancarkan warna biru toska dan biru awan.

Jika ada wisatawan yang berkunjung, itupun hanya penduduk sekitar. Padahal keindahannya, layak disetarakan dengan keindahan pantai Bali dan Lombok. Knutch diantaranya wisman asal Jerman yang saat itu, tengah berlibur bersama pasangannya mengakui keindahan pantai dan taman bawah laut di pantai Tureloto, Kabupaten Nias Utara sangat luar biasa.

"Air laut terasa hangat dari laut Baltik dan sangat jauh lebih hangat dari kutub utara, bahkan tak perlu berenang hanya dengan mengapungkan badan saja sudah cukup, dan akan terapung dengan sendirinya," jelas Knutch saat berbincang dengan wartawan baru-baru ini.

Rasa lelah usai menempuh perjalanan sekira 2 jam sirna begitu tiba di lokasi wisata ini. Apalagi dengan perahu menelusuri pantai Tureloto mengelilingi batu karang berbentuk pulau kecil, menimbulkan kepuasan tersendiri bagi dirinya.

"Ada juga lokasi spot diving yang layak dicoba para diver," katanya menambahkan.

Dia yakin, jika Pantai Toreloto terekspos dengan baik maka layak jadi destinasi unggulan saat mengunjungi Sumatera Utara. Pantainya memiliki warna pantulan dua warna, yakni biru toska dan biru awan.

Pengunjung bisa melihat keindahan pantai juga terletak pada batu karang raksasa yang berbentuk bundar di bibir pantai. Wisatawan kerap mendokumentasikan diri di batu karang tersebut.

Batunya keras dan tidak tajam, persis seperti batu raksasa yang berserakan di pinggir pantai, jika dipandang dari jauh. Batuan karang yang terhampar itu memiliki bentuk unik, ada yang menyerupai bentuk otak manusia sehingga beberapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan Batu Otak.

Keindahan itu bisa dibandingkan dengan indahnya laut Lombok dan Bali

Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (LSM KCBI) Kepulauan Nias, Fesianus Ndraha mengatakan, tempat wisata Laut Mati di Pantai Tureloto, Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, tempat wisata menarik dan mengasyikan serta nyaman dan aman.

Kata Fesianus, masyarakat di Desa Balefadorotuho, selalu mengedepankan kepentingan pendatang dalam segala sesuatu yang di butuhkan oleh para pengunjung. Siap memfasilitasi siapa saja para pengunjung di wilayah tersebut. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi