Diklat TOT untuk Penyuluh Perikanan di BDA Subang

Senin, 14 Agustus 2017 : 17.01
Pembukaan Diklat Peningkatan Kinerja Pendampingan Kelompok Bagi Penyuluh Perikanan di BDA Subang
SUBANG - Kepala Pusat Latihan dan Penyuluhan (Kapuslatluh), Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Mulyoto membuka Diklat Peningkatan Kinerja Pendampingan Kelompok Bagi Penyuluh Perikanan, Senin (14/8/2017).

Diklat yang diikuti 60 orang Penyuluh Perikanan perwakilan provinsi dari seluruh Indonesia tersebut dilaksanakan di Balai Diklat Aparatur (BDA) di Sukamandi, Subang, Jawa Barat, selama lima hari.

Kapuslatluh Mulyoto dalam sambutannya mengungkapkan, Diklat yang digelar Puslatluh ini merupakan Diklat yang digelar secara khusus untuk peserta dengan persyaratan yang khusus juga.

"Diklat ini modelnya Training Of Traine (TOT), peserta setelah mengikuti Diklat diharapkan bisa melatih penyuluh perikanan yang belum mengikuti pelatihan," katanya.

Peserta Diklat TOT di BDA Subang
Pada kesempatan tersebut, Mulyoto menjelaskan tentang berbagai hal terkait pengalihan status kepegawaian penyuluh perikanan dari daerah ke pusat.

"Banyak permasalahan yang dihadapi dan harus dicarikan solusinya. Kami di Puslatluh sdh berupaya semaksimal mungkin agar semua permasalahan yang ada bisa segera diatasi," paparnya.

Usai membuka secara resmi Diklat, Mulyoto langsung memaparkan materi Penguatan Penyelenggaraan dan Kinerja Penyuluhan Perikanan Pasca Implementasi UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sebelumnya Ketua BDA, Sukamandi I Wayan Suarya dalam laporannya mengungkapkan, Diklat digelar untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh Perikanan.

Peserta dibagi ke dalam dua angkatan dengan peserta 30 orang. Disebutkan materi Diklat yang diberikan terbagi dalam Materi Umum, Materi Pokok dan Materi Penunjang.

"Metode pembelajaran dilakukan melalui ceramah, diskusi, simulasi, brainstroming dan pendalaman materi," pungkasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi