Bangun Kesadaran Deteksi Dini Kanker Payudara Lewat Indonesia Goes Pink

Kamis, 10 Agustus 2017 : 21.38
DENPASAR - Sekelompok komunitas, institusi, dan yayasan peduli kanker payudara yang terdiri dari Bali Pink Ribbon, Lovepink Indonesia, Rumah Sakit Prima Medika, Rumah Sakit Onkologi Surabaya dan Reach to Recovery Surabaya akan menggelar acara Indonesia Goes Pink yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, 7 - 8 Oktober 2017.

Salah seorang founder LovePink Indonesia, Shanti Persada mengatakan bahwa acara ini terselenggara lantaran ingin menyuarakan ke semua wanita di Indonesia bahwa kesadaran dini itu sangat penting.

"Kita pengen menyuarakan Indonesia itu perlu dibantu, karena kanker payudara di Indonesia itu meningkat tajam, jadi please help us!," tegasnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Diketahui, Indonesia Goes Pink merupakan rangkaian aktivitas peduli kanker payudara yang terdiri dari workshop, gathering makan malam bersama, serta pink run & walk untuk meningkatkan kesadaran perempuan melakukan tindakan pencegahan diri seperti memeriksa kesehatan payudara secara rutin atau mammografi.

Wanita yang pernah mengidap kanker payudara pada tahun 2010 itu memaparkan bahwa sebagai wanita yang telah menstruasi agar waspada terutama untuk area reproduksi terutama payudara dan bagian rahim.

"Tolong bagi semua wanita yang sudah mens, sadarilah tentang kesehatan reproduksi kita terutama payudara dan rahim," ucap wanita asal Jakarta tersebut. Lanjutnya, anggota Lovepink Indonesia sudah menyupport 1000 wanita baik warrior, survivor maupun kerabat dan keluarga.

Shanti menceritakan jika latar belakang berdirinya lovepink Indonesia itu lantaran bertemu dengan salah seorang sahabat yang sama-sama menderita kanker. Mulai dari situlah ia bertekad ingin membuat suatu wadah untuk saling menguatkan dan mendukung sesama penderita.

Berdasarkan data pasien di RS Kanker Dharmais menyimpulkan kanker payudara menduduki urutan pertama dalam 10 tahun terakhir. Dimana 60-70 persen penderita sudah dalam stadium lanjut.

"Oleh karena itu, harapan kita ke depan agar kita bisa terus bekerjasama dalam meneriakkan kalau kesadaran Dini itu sangat penting!." pungkasnya. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi