Wisatawan Mancanegara Masih Dominasi Kunjungan di Tanah Lot

Rabu, 05 Juli 2017 : 06.31
Suasana kunjungan wisatawan di Tanah Lot, Tabanan, Bali
TABANAN - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot, Tabanan, Bali lebih banyak dibandingkan dengan kunjungan wisatawan domestik (wisdom).

Berdasarkan data yang ada, pada semester pertama tahun 2017 ini kunjungan wisman ke Tanah Lot tercatat 954.744 orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisdom tercatat 820.459 orang.

"Wisman lebih mendominasi kunjungan ke Tanah Lot. Data dari Januari sampai akhir Juni, jumlah wisman yang berkunjung ke Tanah Lot tercatat sekitar 54 persen. Sedangkan kunjungan wisdom sekitar 46 persen," ujar Manajer Operasional Tanah Lot, Ketut Toya Adnyana, Selasa (4/7/2017)

Menurutnya, sepanjang semester pertama tahun ini kunjungan wisman menunjukkan peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Dibanding tahun lalu, kunjungan Wisman bulan Januari tahun ini meningkat 36 persen, Februari meningkat satu persen, Maret 24 persen, April 22 persen, Mei 21 persen dan Juni 19 persen. Rata-rata peningkatan 20 persen dibanding tahun lalu," paparnya.

Di sisi lainnya, data kunjungan wisdom pada periode yang sama mengalami penurunan rata-rata-rata sekitar delapan persen dibanding  tahun sebelumnya.

Disebutkan bulan Januari 2017 kunjungan wisdom turun tiga persen, Februari turun 22 persen, Maret turun 21 persen, April meningkat 18 persen, Mei turun 33 persen dan Juni meningkat 37 persen karena ada libur panjang dan Idul Fitri.
 
Ditanya total kunjungan wisatawan pada semester pertama tahun ini, menurut Toya Adnyana mengalami peningkatan sekitar lima persen dibanding tahun sebelumnya.

"Pada semester pertama tahun ini total kunjungan wisatawan ke Tanah Lot tercatat 1.775.203 orang. Meningkat sekitar lima persen dibanding tahun lalu sejumlah 1.692.481 orang wisatawan," pungkasnya. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi