Wabup Sanjaya Buka TMMD Tabanan ke 99

Rabu, 05 Juli 2017 : 05.41
Wabup Sanjaya didampingi Dandim 1619/Tabanan Letkol Herwin Gunawan saat pembukaan TMMD Tabanan ke 99
TABANAN - Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Komang Gede Sanjaya secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 1619/ Kabupaten Tabanan, Bali di Lapangan Umum Desa Padangan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Selasa (4/7/2017)

Upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan program TMMD serta pemukulan gong oleh Wabup Sanjaya yang juga bertindak sebagai inspektur upacara (Irup).

Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Sanjaya mengatakan TMMD dilaksanakan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan.

Oleh karena itu melalui moment ini diharapkan memotivasi dan memperkuat upaya pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki gotong royong sehingga akan mempercepat jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional.

"Keterlibatan TNI dalam pembangunan di Desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi proses pembangunan di desa sebagaimana amanat butir ke-3 dari Nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran atau dari Desa," ujarnya.

Revolusi mental yang diikrarkan tahun 2015 harus dimaknai sebagai suatu gerakan fundamental baik dari cara pandang, pikir dan cara kerja segenap elemen masyarakat bangsa yaitu Tataran Pemerintahan yang dituangkan dalam tiga pilar revolusi mental.

"Integritas harus dimaknai sebagai sebuah gerakan yang mengedepankan aspek kejujuran, berkarakter positif dan bertanggung-jawab. Etos kerja harus tercermin dari sikap masyarakat yang kerja keras, cerdas, berkualitas, tulus dan ikhlas, sedangkan gotong royong adalah aktivitas yanag mengedepankan kerja sama dan solidaritas antar sesama dan berorientasi pada kepentingan orang banyak," jelasnya.

Untuk itu Gubernur Pastika mengajak kepada segenap komponen bangsa, bersama komponen TNI untuk bersama-sama membulatkan tekad dalam rangka meningkatkan kualitas pengabdian kepada daerah yang kita cintai sesuai kapasitas masing-masing melalui kebersamaan dan semangat gotong royong dalam menjaga ketahanan masyarakat.

Sementara itu Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan melaporkan kegiatan TMMD ke-99 TA 2017 Kabupaten Tabanan berlangsung mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2017.

Kegiatan utama yang dilaksanakan di antaranya adalah pelebaran dan pengerasan badan jalan sepanjang 1,175 M, betonisasi, pembuatan senderan serta pemasangan gorong-gorong di Dusun Jelijih Kelod, Desa Jelijih Punggang, Kecamatan Pupuan.

"Sasaran fisik dalam kegiatan TMMD adalah pelebaran dan pengerasan badan jalan dengan beton sepanjang 1.175 M, lebar 3 Meter dan tinggi 0,12 M. Pembuatan senderan dengan panjang dan tinggi masing-masing 5 dan 1 Meter, serta pemasangan gorong-gorong," katanya.

Selain kegiatan di atas ada pula sasaran tambahan yang dilakukan antara lain pembuatan senderan, bedah rumah, pembuatan jamban dan Tempat Pembuangan Sampah.

"Pembuatan Senderan dengan panjang dan tinggi masing-masing 24 dan 4 Meter, 1 Unit Bedah Rumah, Pembuatan Jamban 15 Unit, dan Pembuatan Tempat Pembuangan Sampah  sebanyak 3 Unit," jelasnya. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi