TMMD Ke-99 di Klungkung Perbaiki Infrastruktur Pedesaan

Selasa, 04 Juli 2017 : 21.43
DENPASAR - Program TMMD ke-99 Tahun Anggaran 2017 untuk Wlayah Kodam IX/Udayana dipusatkan di kabupaten Klungkung yang mencakup proyek sasaran fisik untuk meningkatkan kualitas infrastruktur.

TMMD kali inu dilaksanakan di Kabupaten Desa Dawan Kelod Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung mengusung tema "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI".

Dalam amanat Gubernur Bali Made Mangku Pastika dibacakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Irup menyampaikan kegiatan tersebut dapat memotivasi dan memperkuat upaya pemmberdayaan masyarakat.

Masyarakat sebagai pelaku atau subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru, berintegritas, beretos kerja dan memiliki gotong royong.

TMMD ini sebagai salah satu komponen negara dalam hubunganya dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang menjadikan kegiatan ini sebagai bagian dari perwujudan Undang-Undang pemerintah Daerah.

TNI sebagai wahana keamanan dan ketertiban bangsa serta seluruh lapisan masyarakat yang dituangkan dalam tiga pilar revolusi mental yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Keterlibatan TNI dalam membangun Desa pada hakekatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat dalam mengakselerasi proses pembangunan desa sangatlah kontektual dengan perkembangan dan tuntutan akan berbagai perubahan sedemikian kompleknya dalam penyelenggaran perintah daerah.

Dandim 1610/Klungkung, Letkol Kav. Jacob Janes Patty, menyampaikan TMMD merupakan kegiatan terpadu dan terintegritas yang ditujukan membantu, meningkatkan kesejahtraan rakyat.

"Meningkatkan kesejahteraan rakyat secara bertahap dan berkelanjutan dalam mempercepat dan meratakan pembangunan serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat," imbuh Jacob.

Dan Kodim 1610/Klungkung melaksanakanya dengan titik berat kegiatan Fisik dan Non Fisik pada sasaran yang menjadi usulan dari bawah sebagai wujud hasil musyawarah dengan harapan dapat menyentuh kepentingan masyarakat serta dapat merangsang partisipasi dan swadaya masyarakat dalam pembangunan di Pedesaan.

Untuk sasaran Program TMMD di kabupaten Klungkung mencakup proyek sasaran Fisik diantaranya; pembuatan badan jalan sepanjang 1.415 m Lebar 6 m, 1 buah Talud tinggi 3 m panjang 30 m, 3 buah Talud tinggi 1,5 m panjang 25 m, 3 buah Dueker ukuran 120X120X600 cm dan Saluran ukuran 80X80X80 cm, Jembatan ukuran 210X20X600 cm dan Saluran air ukuran 150X150X150 cm dan pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 1.415 m dengan lebar 3 m.

Sedangkan sasaran Non Fisik diantaranya membangun Kesadaran bernegara dan belanegara, maslah Kependudukan dan catatan sipil, pemahaman hukum dan Kamtibmas.

Juga, Penyuluhan kesehatan dan KB, Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan, Pertenakan, perikanan dan kelautan, Koperasi dan UKM, PKK dan Narkotika serta kenakalan remaja.

Upacara pembukaan TMMD dihadiri Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, para Asisten Kodam IX/Udayana, Para Kabalakdam IX/Udayana, para Dandim se- Bali dan pejabat lainnya. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi