Tim SAR Evakusi Korban Jukung Terbalik di Perairan Seraya Bali

Jumat, 14 Juli 2017 : 07.17
JEMBRANA - Tim SAR berhasil menyelamatkan nelayan dalam insiden jukung sepanjang 6 meter yang terbalik setelal dihantam ombak di Perairan Serata Timur Kabupaten Karangasem Bali, Kamis (13/7/2017).

Basarnas Kantor SAR Denpasar mendapatkan laporan dari Bakorkamla, menyebutkan identitas korban atas nama I Wayan Ruke (50). Ketika ditemukan warga Banjar Tanah Barak, Seraya Timur tersebut, masih bertahan di atas jukung yang hampir saja tenggelam.

Beruntung Ruke berhasil dievakuasi Kapal Fast Boat Eka Jaya 23 yang kebetulan melintas sekitar pukul 10.00 Wita.

Speed boat Tanjung Muntig Pos Polair Candidasa dikerahkan untuk mengevakuaai jukung tersebut. Jukung terbawa arus dan ditemukan pada posisi 4 NM dari Seraya Timur pukul 13.00 Wita
.
Akhirnya setelah berlayar 3,5 jam lamanya, Fast Boat yang membawa korban sudah merapat di Pelabuhan Padangbay, selanjutnya Wayan diserahkan kepada pihak Syahbandar sebelum dijemput oleh pihak keluarga.

Hal serupa menimpa Misari (30) dan Pulin (43), jukung sepanjang 12 meter yang mereka naiki, terbalik di Perairan Air Kuning Jembrana. Menerima informasi tersebut pada pukul 13.35 Wita dari Aiptu. Ketut Muliadi, Anggota Polantas Jembrana.

Sekira pukul 13.40 Wita tim rescue Pos SAR Jembrana bergerak menuju lokasi dengan peralatan SAR air serta perahu karet. Tim SAR gabungan memulai pencarian dengan menggunakan perahu karet.

Kedua korban dapat ditemukan dalam kondisi selamat pada pukul 14.41 Wita. Terlihat mereka dalam keadaan shock dan lemas. Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar, mengingatkan kepada nelayan yang melaut agar memperhatikan keselamatan diri.

Apalagi, kondisi cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, mengakibatkan kondisi perairan sekitar jembrana mejadi cukup berbahaya.

"Perhitungkan kondisi alam ketika hendak melaut, jangan berani mengambil resiko yang membahayakan nyawa, seandainya pun harus melaut bawalah perlengkapan keselamatan seperti halnya pelampung," demikian Didi. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi