Sidak Kependudukan di Buleleng, Petugas Jaring Pekerja Hiburan Malam

Senin, 17 Juli 2017 : 16.35
BULELENG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama tim gabungan dari Kesbang Pol serta Syaf Dinas Sosial Kabupaten Buleleng kembali menggelar sidak di wilayah Kecamatan Gerokgak berhasil menjaring para pekerja hiburan malam.

Saat menyisir beberapa rumah kos di Desa Celukan Bawang justru beberapa rumah kos kosong ditinggalkan penghuninya. Tim Gabungan Disdukcapil bergerak menyisir ke wilayah timur desa Celukan Bawang di Banjar Dinas Berombong.

Hasilnya, beberapa penghuni kos wanita yang diduga bekerja di tempat hiburan seperti warung Tuak dan Kafe, dalam kos tersebut terdapat sepasang kekasih yang sedang menjalin asmara. Kedua sejoli yang memiliki SKLD namun kadaluwarsa digiring ke kantor desa Celukan Bawang.

Beberapa duktang pun ditemukan berdiam diri dalam mes yang sudah disediakan pemilik warung, mereka kebanyakan berasal dari daerah Jawa Timur.

Banjar Dinas Berombong memiliki enam warung Tuak beserta Kafe bahkan tempat hiburan seperti itu yang sudah menjamur di dusun Berombong, pemilik warung rata-rata mempekerjakan mereka sebagai pelayan minuman.

Dari hasil sidak kali ini tim menemukan 26 orang duktang dengan 15 pelanggaran 2 orang tanpa KTP satu masih berumur 20 tahun, 10 tanpa memiliki SKLD (Surat Keterangan Lapor Diri), dan 3 dengan SKLD kadaluwarsa.

Pelanggaran yang dilakukan penduduk non permanen yang tanpa SKLD selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh pemerintah desa Celukan Bawang dengan pemerintah Kecamatan Gerokgak serta Disdukcapil Kabupaten Buleleng.

Kepala desa Celukan Bawang Muhammad Ashari mengatakan, jika dalam waktu 3 hari mereka tidak mengurus kelengkapan diri, akan dibawa kepolsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang. Mereka akan dititip untuk sementara waktu, bila perlu Satpol PP akan menjeput mereka diajak ke Polsek,

Ketua Tim gabungan Kasi Kerjasama Disdukcapil Nyoman Mariana sidak penduduk pendatang non permanen demo mewujudkan wilayah teretorial diwilayah Buleleng yang aman dan tertib dengan adanya duktang agar tertib secara Admistrasi yang sesuai dengan perpu No. 24/2013 tentang Administrasi kependudukan.

Sidak kali ini, agar duktang yang dari luar pulau Bali tertib secara Administrasi mereka di mana desa atau wilayah yang ditempati, juga mengantisipasi maraknya peredaran barang terlarang seperti Narkoba. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi