Sehari, Wabup Sanjaya Datangi Upacara Piodalan di Empat Pura

Kamis, 06 Juli 2017 : 17.17
TABANAN - Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara piodalan di empat pura di sejumlah lokasi, Kamis (6/7/2017).

Keempat pura itu Pura Luhur Dhang Kahyangan Srijong, Selemadeg, Pura Luhur Tambawaras, Penebel dan Pura Puseh Lan Pura Dalem Desa Adat Kota Tabanan. Selain persembahyangan Wabup Sanjaya juga memberikan sarin canang yang diterima panitia pura setempat.

Wakil Ketua Panitia Piodalan di Pura Srijong, Made Sujana mengatakan puncak dari piodalan di Pura Luhur Dhang Kahyangan Srijong dilaksanakan pada Rabu lalu, dan prosesi nyibeb akan dilakukan pada  minggu mendatang.

Puncak acara berlangsung Rabu kemarin, nganyarin selama 4 kali dari Kamis hingga Minggu. Para pengayar datang dari 4 kecamatan di Tabanan yakni Kecamatan Pupuan, Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Selemadeg dan Kecamatan Selemadeg Barat.

"Di hari minggu dilakukan prosesi nyineb," terangnya. Untuk biaya upacara piodalan ini menghabiskan Rp75 juta rupiah yang didapatkan dari iuran serta punia.

"Iuran sebesar 1,5 juta rupiah per kecamatan untuk biaya ngayarin, dan 15 ribu rupiah per kepala keluarga (kk). Pengempon terdiri dari 9 desa pakraman dan 10 subak. Total pengeluaran upacara sekitar 75 juta rupiah," ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Tabanan. Pihaknya berharap Pemkab Tabanan senantiasa mendukung kegiatan di pura tersebut.

"Terima Kasih kepada Bapak Wabup Kami sebagai pengempon pura berharap agar Pemkab Tabanan selalu memperhatikan dan mendukung kami dalam bentuk apapun, karena ini bisa menjadi motivasi bagi kami,” imbuhnya. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi