Mati Mesin, KN SAR Arjuna Evakuasi KM Pascha di Perairan Bali

Minggu, 02 Juli 2017 : 15.09
KN SAR Arjuna mengevakuasi awak Kapal KM Pascha di Perairan Bali (foto:istimewa)
DENPASAR - Basarnas Kantor SAR Denpasar bersama potensi SAR lainnya berhasil menemukan KM Pascha yang sempat mengalami mati mesin saat perjalanan dari Pelabuhan Benoa menuju Makassar, Minggu (2/7/2017) pagi.

Operasi pencarian dilakukan dengan pengerahan Heli Rescue Bolco 105 HR -1521 untuk penyisiran udara. Sementara pencarian melalui perairan digerakkan KN SAR Arjuna 229. Sekira pukul 06.15 Wita KN SAR Arjuna 229 bertolak dari Pelabuhan Benoa menuju titik koordinat diperkirakannya KM Pascha berada.

"Perhitungan search area di perairan sesuai prosedur operasi SAR Basarnas berdasarkan data kecepatan arus, kecepatan angin, jenis kapal yang dicari dan semua informasi yang berkaitan dengan karakter perairan tersebut," tutur Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar.

Selanjutnta, KN SAR Arjuna bergerak menuju pada posisi target berkecepatan rata-rata 20 hingga 22 Knot.

Tim SAR akhirnya berhasil menemukan keberadaan kapal yang mengangkut 7 orang POB, setelah mendapatkan informasi posisi KM Pascha dari hasil pemantauan heli BO 105, yakni di posisi 09 20 40.92 S – 115 9 33.10 S pada pukul 08.25 Wita.

KM Pascha yang alami mati mesin di Perairan Bali
Sebelumnya, Kantor SAR Denpasar menerima laporan Kapal Motor (KM) Pascha jenis Phinisi mengalami mati mesin, Sabtu (1/7).

Laporan diterima sekitar pukul 14.00 Wita ditindaklanjuti dengan pengerahan tim SAR menggunakan Rigid Inflatable Boat 11 meter. Upaya pencarian yang dilakukan pada koordinat dan radius lokasi kapal berdasarkan laporan dari agen kapal, tak memberikan hasil.

Dengan kondisi gelap serta visibility terbatas maka upaya pencarian bersama pihak kepolisian dan agen kapal dihentikan.

Berdasarkan informasi pukul 20.00 wita dari Vessel Trafic Service (VTS) Pelabuhan Benoa, posisi kapal berada pada 31NM arah selatan dari bui pengenal Pelabuhan Benoa. Pergerakan KM Pascha dipantau setiap 2 jam sekali agar dapat menentukan arah pencarian.

Posisi KM Pascha berhasil ditemukan dari pantauan udara sekitar pukul 08.05 Wita. Komunikasi Heli Rescue Bolco 105 HR -1521 dengan KN SAR Arjuna terus dilakukan untuk mengarahkan mendekati kapal nahas tersebut. Pada pukul 08.40 Wita KN SAR Arjuna telah merapat di lambung kiri KM Pascha.

Selanjutnya ABK dievakuasi dan KN SAR Arjuna 229 berlayar kembali menuju Pelabuhan Benoa. Sekitar pukul 12.25 Wita KN SAR Arjuna telah sandar di Pelabuhan Benoa dengan membawa 7 ABK KM Pascha dalam kondisi aman.

Serah terima ABK yang dievakuasi dengan agen kapal serta pemilik kapal dilakukan Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar di Kantor SAR Denpasar. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi