MAN Insan Cendekia Raih Nilai UNBK Tertinggi Nasional

Jumat, 07 Juli 2017 : 15.43
ilustrasi (dok.kabarnusa)
JAKARTA - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong Tangerang Banten berhasil meraih predikat tertinggi secara nasional nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mata Uji IPS siswa

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin bersyukur untuk uji IPS, rata-rata UNBK MAN IC Serpong tertinggi secara nasional dengan angka 88,94. "Kementerian Agama berupaya keras untuk menularkan kualitas MAN IC serpong kepada madrasah-madrasah di Indonesia," katanya di Jakarta baru-baru ini.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Nur Kholis Setiawan menambahkan, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis rerata hasil UNBK nasional berbasis provinsi.

Dari situ diketahui kalau rata-rata MAN IC Serpong unggul pada mata uji IPS secara nasional. Nomor dua adalah SMA Kristen 1 BPK Penabur Jakarta dengan 88,47. Berada di urutan ketiga SMA Santa Ursula BSD dengan 86,77.

"Disusul kemudian SMA Negeri 8 Jakarta dengan 86,58 dan SMA Santa Ursula Jakarta dengan 85,86. MAN IC Gorontalo berada diurutan keenam dengan 85,44,” sebutnya.

Dengan perolehan angka ini, lanjut Kholis, menunjukan bahwa madrasah saat ini tidak sekedar bisa menyamai sekolah, tapi bahkan juga sudah unggul. “Prestasi ini akan terus dijaga dan diperluas agar bisa juga dicapai oleh madrasah-madrasah lainnya,” harapnya.

Tidak hanya pada mata uji IPS, kata M. Nur Kholis, madrasah juga tidak kalah menonjol pada mata uji IPA. Secara nasional, rerata UNBK MAN IC Serpong untuk mata uji IPA menempati urutan ketiga dengan nilai 87,10.

“MAN IC Serpong hanya kalah dari SMA Kristen 1 BPK Penabur Jakarta dengan rata-rata 88.40 dan SMA Kristen Karunia Jakarta dengan rata-rata 87.63,” terangnya.

Kepala MAN IC Serpong Persahini Sidik (Penny) saat dihubungi melalui telepon menjelaskan UNBK MAN IC Sepong diikuti 111 siswa, 29 pada program IPS dan 82 siswa pada program IPA.

Pihaknya tidak ada treatment khusus kepada siswa, kecuali rutin dalam review materi di semester ganjil dan pembahasan soal-soal pada semester genap. “Kalau mau sukses, harus komitmen dan total. Sabar menghadapi anak-anak. Sebisa mungkin memenuhi keinginan mereka,” jelasnya berbagi tips sukses belajar siswa MAN IC Serpong. (des)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi