Libur Lebaran, Bandara Ngurah Rai Layani 1,25 Juta Penumpang

Selasa, 04 Juli 2017 : 20.14
Prosesi penutupan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2017 di Bandara Ngurah Rai Bali
BADUNG - Selama libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 1,2 juta lebih penumpang baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Peningkatan jumlah penumpang cukup signifikan terjadi selama 19 hari operasional Posko Monitoring Angkutan Lebaran, di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Dari catatan data jumlah penumpang di AP Ngurah Rai, jika dibandingkan rata-rata penumpang di hari biasa, peningkatan yang terjadi mencapai angka 13% atau naik 6,45% dibanding lebaran tahun lalu.

“Selama libur lebaran ini, kami telah melayani 1,2juta lebih penumpang, jika dihitung, rata-rata ada 62 ribu lebih penumpang setiap harinya,” ujar General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi usai penutupan Posko Terpadu Angkutan Lebaran, Selasa (4/7/2017).

Dikatakan, peningkatan penumpang ini memang sudah diprediksi oleh pengelola bandara, mengingat adanya tambahan penerbangan (extra flight) dari dan ke Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Mulai 15 Juni 2017 sampai dengan penutupan posko, terdapat 214 extra flight. Total jumlah penerbangan selama periode tersebut adalah 7.924 penerbangan. Jumlah itu, meningkat 12% dibanding periode lebaran 2016.

Demikian pula saat puncak, tercatat 74.820 penumpang datang dan berangkat melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kendati padat akan arus penumpang, operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai terbilang cukup lancar.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung operasional posko lebaran ini baik yang terlibat secara langsung maupun yang tidak langsung," sambung Yanus.

Meskipun Posko Lebaran secara resmi ditutup namun tetapi karena masih adanya libur sekolah dan libur musim panas, kami prediksi masih banyak masyarakat yang berlibur ke Bali. "Kami secara internal akan tetap memonitor pergerakan pesawat dan penumpang sampai tanggal 11 Juli mendatang," ucapnya.

Diakui Yanus, sdianya posko lebaran ini terselenggara sampai dengan tanggal 11 Juli 2017, tetapi menyusul Instruksi Menteri Perhubungan Nomor: IM. 14 tahun 2017 tentang Perubahan Pelaksanaan Monitoring dan Berakhirnya Masa Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 (1438 H), pihaknya secara seremonial menutup operasional Posko Terpadu Lebaran yang berlokasi di Terminal Keberangkatan Domestik .

"Koordinasi dan komunikasi akan tetap dilakukan secara intens dengan instansi-instansi lain agar operasional dan pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat tetap terjaga dengan baik, aman dan lancar," demikian Yanus. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi