Kasal TNI AL Lantik 109 Perwira Baru Lulusan Diktukpa

Kamis, 13 Juli 2017 : 21.33
SURABAYA - Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto menghadiri Upacara Prasetya Perwira Diktukpa TNI AL angkatan XLVI TA. 2017 di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (13/7/2017).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, melantik secara langsung 109 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) XLVII.

Tampak hadir Ketua Umum Jalasenastri Ny. Ade Supandi, Waketum Jalasenastri, Irjenal beserta istri, Aspers Kasal beserta istri, Dankodiklatal beserta Istri, para pejabat teras Mabesal, para Pangkotama TNI AL, Forkompinda Jatim dan tamu undangan lainnya.

Ppasukan upacara antara lain satu peleton Pamen Kodiklatal, satu peleton Pama Kodiklatal, dua peleton siswa Diklapa, tiga peleton wisudawan Diktukpa (109 personel), dua peleton Siswa Diktukp, satu peleton Bintara Kodiklatal, satu peleton Satsik Kodiklatal.

Dari 109 perwira baru tersebut, 97 orang diantaranya adalah pria dan 12 orang adalah Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Sebelum mengikuti pendidikan dan pelantikan, mereka telah mengikuti proses perjuangan yang berat dan penuh tantangan.

Diawali proses seleksi yang sangat ketat dan persaingan yang tinggi, kemudian dinyatakan lulus mereka langsung digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda selama tiga bulan.

Selanjutnya mereka harus melanjutkan pendidikan kejuruan selama delapan bulan sesuai dengan korps masing-masing (21 korps Pelaut, 13 Korps Tehnik, 6 Korps Elektro, 17 Korps Suplai, 30 Korps Marinir, 6 Korps Kesehatan, 7 Korps khusus dan 9 Korps Polisi Militer.

Para perwira dari Bintara melalui Diktukpa ini, sehari sebelumnya telah menjalani upacara penutupan pendidikan di Gedung Moeljadi yang dipimpin langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI IG. Putu Wijamahaadi, S.H..

Dalam acara tersebut, diserahkan medali Jala Wira Adhiguna kepada lulusan terbaik dan penyerahan ijazah. Jala Wira Adhiguna berarti perwira laut yang perkasa dan berguna.

Yang berhak menerima Jala Wira Adhiguna angkatan XLVI tahun 2017 ini adalah Letda Laut (P) Rudy Yahya, A.Md yang lahir di Lombok 5 Juni 1981, sebelumnya berdinas di Diskomlek Koarmatim.

Usai pelantikan, seluruh perwira muda ini selanjutnya akan ditempatkan di jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia, baik di KRI, Satuan-satuan meupun Pangkalan-Pangkalan.

Hal ini untuk memberikan bekal pengalaman tugas secara lengkap dan variatif, agar kedepan mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi perwira TNI AL yang tangguh serta handal di setiap medan penugasan. (des)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi