Kapolda Bali Ancam Copot Kapolres yang Gagal Tindak Ormas Preman

Jumat, 07 Juli 2017 : 20.30
Kapolda Bali Irjen Petrus Golose menegsakan tekat melawan premanisme di hadapan Komisi III DPR RI (foto:humas)
DENPASAR - Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengancam akan menggeser atau mencopot Kapolres yang gagal dalam menangani aksi premanisme yang menjadi sumber kerusuhan atau kekacauan di masyarakat.

Peringatakan Kapolda Golose disampaikan saat menerima audiensi dengan Komisi III DPR RI di Mapolda Bali, Jum'at (6/7/2017). Berdasarkaan pengalaman sebelumnya, banyak peristiwa kerusuhan seperti di Lapas Kerobokan tak lepas dari peran dan pengaruh Ormas besar di belakangnya.

Dia menyebut, kerusuhan beberapa tahun lalu yang berlanjut di luar Lapas juga tidak bisa lepaskan dari keberadaan Ormas yang membackingi pelaku kerusuhan. Tindakan seperti itu tak ubahnya seperti aksi teroris.

"Makanya harus dibasmi habis sampai ke akar-akarnya," tandasnya lagi. Bahkan, Kapolda mengancam akan menggeser Kapolres dan Kapolsek yang tidak bisa bertindak tegas terhadap Ormas dan sejenisnya.

Dijelaskannya, anggota Ormas yang melakukan pungutan liar telah ditangkapi satu persatu. Sudah banyak anggota Ormas tengah menjalani proses hukum karena melakukan aksi pungli terhadap usaha formal maupun non formal di Bali.

Dalam pertemuan dengan Komisi III DPR RI, banyak disinggung bagaimana keterkaitan dengan penyelundupan Narkoba terutama di Lapas Kerobokan yang dibackingi kelompok tertentu.

"Banyak kejadian di Lapas dan menjadi pemicu kekacauan di Bali. Kita jawab, kalau itu masih terjadi maka kita akan Nusakambang-kan. Itu saja,” tegasnya. Langkah me-Nusakambang-kan seluruh anggota Ormas jika berulah atau membackingi berbagai bisnis haram terutama Narkoba.

wacana me-Nusakambang-kan anggota Ormas preman setelah menjawab pertanyaan Komisi III DPR RI tentang penyebab atau pemicu kerusuhan di Bali.

Saat Komisi III DPR RI menanyakan faktor pemicu kejahatan di Bali, Golose menegaskan bila ada kelompok, golongan, Ormas yang menjadi penyebab kerusuhan di Bali, maka pihaknya akan me-Nusakambang-kan anggota Ormas tersebut.

Hanya saja, Kapolda Bali tidak menjelaskan secara rinci tindakan tegas dimaksud seperti wacana me-Nusakambang-kan pelaku premanisme. Yang pasti, Golose menolak berkompromi dengan kejahatan berlatar belakang Ormas, apapun bentuk Ormas tersebut.

Bahkan, dia memerintahkan anak buahnya melakukan tembak di tempat bila ada oknum Ormas yang membuat kerusuhan di Pulau Bali. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi