Ini Lho, Resep Kuwir Goreng Bumbu Kacang Kelapa Ala Chef Juna

Minggu, 09 Juli 2017 : 22.10
Chef Juna saat melakukan demo masak "Kuwir goreng bumbu kacang kelapa" pada even Tanah Lot Kreatifood and Art Festival
TABANAN - Executive Chef dari Indonesian Chef Association (ICA), Juna Rarimpandey di hari penutupan even Tanah Lot Kraetifood and Art Festival, Minggu (9/7/2017), didaulat untuk tampil di atas panggung melakukan demo memasak berbahan daging kuwir (entog atau itik manila) menjadi olahan yang lebih variatif.

"Kuwir atau bebek entog, umumnya diolah menjadi makanan khas Bali berupa lawar kuwir. Kali ini saya akan memasak dua jenis masakan berbahan daging kuwir, yaitu kuwir goreng bumbu kacang kelapa dan tum kuwir," katanya

Bersama dua orang asistennya, chef Juna pada kesempatan tersebut langsung melakukan demo memasak dua jenis olahan daging kuwir sambil menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan Indra Herlambang selaku presenter dan pertanyaan beberapa penonton.

Indra Herlambang di sela-sela kegiatan demo memasak yang dilakukan Chef Juna menuturkan, dalam even kali ini, Chef Juna diharapkan bisa memberikan sebuah karya cipta menu kuwir yang  bisa menjadi olahan kuwir favorit yang digemari oleh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Indra Herlambang juga membacakan resep Kuwir Goreng Bumbu Kacang Kelapa yang sedang didemokan Chef Juna. Disebutkan, bahan utama yang diperlukan untuk memasak Kuwir Goreng bumbu kacang kelapa adalah berupa daging kuwir seekor yang dicuci bersih dan dibelah empat.

Bahan lainnya 1,5 sendok teh air lemon, 1 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk hitam, 500 ml kaldu ayam, 500 ml air, 2 siung bawang putih digeprak, 1 siung bawang putih digeprak, 1 Cm kunyit digeprak, 2 daun jeruk yang diiris-iris tipis, 1 sendok teh air perasan jeruk limau, 200 gram kelapa yang diparut kasar dan dikukus, 100 ml air kelapa.

Bahan berikutnya adalah daun pisang yang dipansakan hingga lemas untuk alas, daun kemangi untuk garnish, irisan-iorisan leman, beberapa cabai merah untuk garnis dan minyak untuk menggoreng dan menumis.

Cara membuatnya, lumuri potongan daging kuwir dengan air lemon dan diamkan sejenak. Lalu, taburi daging kuwir secara merata dengan 1 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh merica hitam.

Siapkan presto dengan kaldu ayam dan air. Lalu masukkan geprakan bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri. Presto hingga daging kuwir empuk, lalu tiriskan. Kemudian siapkan penggorengan, lalu gorenglah potongan-potongan daging kuwir yang sudah dipresto hingga garing pada bagian kulitnya, lalau ditiriskan.

Selagi menunggu daging kuwir ditirisakn dari minyak, goreng 6 siung bawang merah, 3 siang bawang putih, 6 cabe rawit orange, 2 cabe merah besar. Haluskan secara bertahap, tapi tidak terlalu halus bawang-bawang dan cabe-cabe yang telah digoreng bersama kemiri, kunyit dan kencur.

Tambahkan terasi, garam dan merica bubuk hitam. Kemudian tambahkan kacang goreng dan gula merah. Masak di penggorengan bumbu ini, tambahkan dayun jeruk, aduk hingga matang, lalu kelapa parut, aduk perlahan.

Tambahkan air kelapa dan air perasan jeruk limau, masak hingga semua bumbu meresap dan tidak terlalu basah. Berikutnya siapkan piring beralaskan daun pisang, lalu tata dengan baik bumbu pecel ini beserta daging kuwir goreng dan garnishnya.

"Rasanya enak, bumbunya meresap dan dagingnya terasa krispy," puji Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang duduk bersama anggota keluarganya di depan panggung saat didaulat Indra Herlambang untuk mencicipi masakan Kuwir Goreng Bumbu Kacang Kelapa ala Chef Juna. (gus

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi