Halal bi Halal, Pangdam Udayana Ajak Umat Islam Pertebal Persatuan

Rabu, 05 Juli 2017 : 21.43
DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak.mengajak umat Islam untuk memperkuat semangat persatuan dan kesatuan dengan umat lainnya di Tanah Air.

Hal itu disampaikan saat Halal Bihalal dalam rangka Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah Tahun 2017 kali ini dilaksanakan dalam suasana penuh kebersamaan, di Lapangan Praja Raksaka Kepaon Denpasar, Rabu (5/7/2017).

Puasa di bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah telah berakhir dan Idul Fitri menjadi hari kemenangan bagi Umat Muslim. "Semoga di hari yang Fitri ini dapat memotivasi semangat baru bagi kita semua dalam berkarya lebih baik lagi demi TNI Angkatan Darat, khususnya Kodam IX/Udayana," ucapnya.

Dalam sambutannya, Pangdam berpesan, perayaan Idul Fitri tidak harus dirayakan dengan suasana yang hingar bingar dan penuh kemewahan.

Yang terpenting, bagaimana kita menggali dan mendalami hikmah yang terkandung di dalam Idul Fitri. Hikmah tersebut akan lebih berarti apabila mampu memberikan makna Idul Fitri secara kontekstual dan tidak hanya menjadikannya sebagai tradisi keagamaan semata.

Dengan menghayati makna kebersamaan perayaan Idul Fitri kali ini, hendaknya dapat memotivasi semangat persatuan, kesatuan dan kebersamaan bagi segenap Umat Muslim sebagai bagian integral masyarakat Indonesia yang religius.

Pihak mayoritas dapat melindungi yang minoritas dan yang minoritas selalu menghormati yang mayoritas sehingga semakin arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan.

Pangdam Persatuan, kesatuan dan persaudaraan serta pengabdian merupakan pengamalan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Apabila seluruh Umat Muslim mampu mengamalkan apa yang saya uraikan tadi, maka hikmah Idul Fitri dan Halal Bihalal kali ini jelas akan memancarkan kedamaian dan kesejahteraan.

Pangdam berharap Hari Raya Idul Fitri dan Halal Bihalal tahun ini dijadikan sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan keimanan dan etos kerja sesuai talenta yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada masing-masing pribadi.

Pola pikir dan sikap seperti itu harus ditumbuhkembangkan sebagai wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat demi terjaganya Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945 dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini antara lain Kasdam IX/ Udayana, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli,  LO AL dan LO AU, Para Dan/Ka Balak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, Ibu Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, serta Para Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur Sipil Negara Kodam IX/ Udayana. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi