Dukung KPK, Paiketan Krama Bali Galang Pembubaran Panitia Angket DPR

Senin, 10 Juli 2017 : 17.28
Paiketan Krama Bali mendukung KPK dan bakal menggalang pembubaran panitia angket DPR RI 
DENPASAR - Sejumlah elemen masyarakat tergabung dalam "Paiketan Krama Bali" menegaskan dukungannya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan siap menggalang dukungan untuk pembubaran Panitia Angket DPR RI.

Ketua Bali Corruption Watch (BCW) Putu Wirata Dwikora yang duduk di Paiketan Krama Bali menyatakan, inisiatif mendukung KPK dari upaya pelemahan oleh DPR RI melalui Panitia Angket DPR lahir dari sejumlah tokoh di Bali.

Mereka prihatin terhadap gejala semakin memburuknya perilaku sejumlah politisi di DPR RI, yang dinilai mengkhianati aspirasi rakyat.

"Membuat Panitia Angket DPR itu aspirasi dari mana? DPR memang punya hak angket, tapi harus jelas asal-usulnya, dasar aspirasinya, legitimasi poltik dari aspirasi yang mana?," ucap Dwikora dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/7/2017).

Sebelumnya, sikap dukungan terhadap KPK disuarakan dalam Rapat Kerja Paiketan Balo di Hotel Puri Sharon Denpasar, Minggu (9/7/2017).

Dia mengingatkan, jangan membuat dan menggunakan hak semata-mata karena aspirasi oknum anggota Dewan yang namanya disebut-sebut dalam kasus korupsi tertentu yang diusut KPK.

Bila Panitia Angket DPR dan para "kingmaker"-nya tetap ngotot melawan aspirasi rakyat dan terus bermanuver mengganggu KPK, aktivis di Paiketan Krama Bali serta aktivis Bali lainnya akan menggalang dukungan secara serius agar Panitia Angket DPR itu dibubarkan

Diketahui, Paiketan Krama Bali merupakan perkumpulan yang terdiri gurubesar, akademisi, aktivis, praktisi berbagai bidang, mahasiswa, tokoh adat, agama, budaya serta perempuan.

Mereka menyerukan pembubaran Panitia Angket DPR seraya mendukung KPK untuk mengusut tuntas semua kasus korupsi di Indonesia, lebih-lebih yang melibatkan politisi dan orang-orang besar di Indonesia.

Raker digelar untuk menginventarisasi masalah-masalah actual Bali, untuk nantinya ditindaklanjuti maupun diteruskan kepada para pemangku kepentingan yang terkait.

Ketua Umum Paiketan Krama Bali Agung Suryawan Wiranatha, didampingi Pembina Ida Rsi Bhagawan Wisesanatha, Prof. Dr. Ketut Rahyuda dan Dr. Made Sadguna, memimpin langsung Rapat Kerja, dan berhasil menghimpun sejumlah masalah untuk kelak ditindaklanjuti.

Aksi mendukung KPK serta mengecam Panitia Angket DPR merupakan aksi tambahan, mengingat keprihatinan berbagai pihak terhadap fenomena dari segelintir wakil rakyat di DPR RI yang getol melemahkan KPK melalui Panitia Angket tersebut.

Diantara praktisi dan aktivis yang ikut aksi mendukung KPK itu nampak aktivis dari LBH Apik Luh Putu Anggreni, aktivis Gema Perdamaian Ketut Darmika, arsitek Popo Danes, aktivis pariwisata Dr. Gusde Sutawa dan Mangku Suteja dkk, dan lain-lain. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi