Try Sutrisno: Pramuka Organisasi Kepanduan yang Konsisten Rawat NKRI

Jumat, 09 Juni 2017 : 10.13
JAKARTA - Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno mengapresiasi semangat juang dan komitmen Pramuka dalam merawat NKRI melalui kegiatan-kegiatan positif.

Try menyampaikan itu usai menerima jajaran pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka yang dipimpin Adhyaksa Dault di kediamannya, Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta Pusat (8/6/2017).

"Saya mengapresiasi semangat juang Pramuka yang terus konsisten menjunjung Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ujarnya. Mantan Panglima ABRI di Era Orde Baru ini menilai, Pramuka menjadi organisasi kepanduan yang sampai saat ini konsisten dengan perjuangan menjaga NKRI.

Selain itu, di dalam Pramuka banyak nilai-nilai yang erat kaitannya dengan Pancasila. "Saya mengajak seluruh Pramuka sebagai salah satu komponen bangsa agar terus bisa menjadi teladan akan jati diri putra Indonesia yang disiplin, tertib dan kreatif," ajaknya.

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) yang baru dibentuk oleh Presiden Joko Widodo ini yakin, ke depan Pramuka dan masyarakat bisa membantu pemerintah untuk memperkuat Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa. Sebab, Pramuka dianggap sangat Pancasilais.

"Bagi generasi Pramuka khususnya generasi mudanya, siapkan dirimu untuk menyongsong hari depan yang lebih baik. Sehingga Indonesia semakin jaya," tukas dia.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan mendukung upaya Presiden membentuk UKP-PIP. Ia juga menegaskan Pramuka punya jiwa nasionalisme yang tinggi dan selalu bertekat menjaga keutuhan bangsa berdasarkan satu ideologi pemersatu, yakni Pancasila.

"Kami mendukung langkah strategis Presiden dengan membentuk UKP-PIP. Komitmen Pramuka untuk menjaga NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945 tidak perlu diragukan lagi. Kami akan selalu siap di depan menjaga Tanah Air," tegasnya.

Dalam kunjungannya, Adhyaksa mengundang Try Sutrisno untuk memberikan ceramah pada Buka Puasa Kwarnas Gerakan Pramuka pada Jumat, 9 Juni 2017, di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. "Alhamdulillah beliau siap hadir," imbuh mantan Menpora itu. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi