Sosialisasi Nilai Kebangsaan, Mahasiswa Papua Barat Siap Amalkan Pancasila

Rabu, 14 Juni 2017 : 23.33
Senator Mervin bersama mahasiswa di Sorong dalam sosialisasi nilai kebangsaan
SORONG - Wakil Ketua Kelompok Fraksi DPD RI di MPR RI Mervin Sadipun Komber terus giat mendatangi sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Provinsi Papua Barat guna mensosialisasikan nilai-nilai Kebangsaan.

Senator Mervin mensosialisasikan nilai empat pilar kebangsaan kepada mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Sorong. Para pelajar dan mahasiswa yang hadir rata rata berasal dari Kabupaten Fakfak di Kota Studi Sorong, Rabu (14/6/2017).

Dalam sosialisasi yang diikuti sekitar 170 peserta, Mervin membawakan materi dengan judul "Penguatan Implementasi Pancasila". Kegiatan diawali sambutan Ketua Ikatan Mahasiswa Fakfak di Sorong, Imron Barawery kemudian dibuka secara resmi oleh Mervin.

Pria yang akrab disapa Cenderawasih di Papua Barat itu, berharap mahasiswa bisa tampil terdepan mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian di masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ia menyinggung soal Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila agar dapat merangkul semua kalangan dalam mensosialisasikan Pancasila. Diharapkan, Tidak melupakan Tanah Papua dalam pelaksanaan agenda program UKP PIP.

"Kedatangan saya di sekolah dan kampus di wilayah Papua dalam rangka mendorong karakter para murid dan mahasiswa sebagai generasi muda bangsa. Mereka diharapkan menjadi generasi yang cerdas, jujur, berkarakter, dan taat hukum, ini penting bagi masa depan Tanah Papua," tegas Ketua Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih (Uncen) ini.

Usai menyampaikan materi, acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Peserta antara lain menanyakan masalah hukum yang menurut mereka, hukum tajam ke bawah namun tumpul keatas.

Selain itu, mahasiswa juga menyoroti kinerja para penegak hukum hingga masih banyak kasus HAM yang terjadi di Papua. Para mahasiswa juga mempertanyakan, sanksi yang diberikan kepada para koruptor yang dinilai sangat ringan.

Atas semua pertanyaan kritis mahasiswa Papua Barat itu, Mervin, menjawabnya sembari memberikan motivasi kepada mahasiswa agar kelak mereka menjadi generasi muda yang cerdas dan menerapkan nilai kebangsaan Indonesia.

Mervin juga menggalakkan sosialisasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan lainnya seperti UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika dihadapan mahasiswa peserta sosialisasi.

Pada bagian akhir sosialisasi, Mervin memberikan bantuan dana untuk mendukung kegiatan kesekretariatan tetap IKMAFĂ€K di Sorong. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi