Rizal Djalil: BPK Tak Ragu Berikan Opini WTP untuk Bali

Kamis, 01 Juni 2017 : 12.41
Anggota BPK Rizal Djalil menyerahkan opini WTP kepada Gubernur Mangku Pastika
DENPASAR - Anggota IV BPK RI, Prof DR Rizal Djalil, menegaskan institusinya tidak ragu untuk memberikan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya kepada Pemerintah Provinsi Bali.

Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2016.

Rizal Djalil, menyampaikan hal itu pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali dengan agenda Penyerahan dan Penandatanganan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Bali kepada DPRD Provinsi Bali dan Gubernur Bali, Rabu (31/5/17).

"BPK dengan tidak ragu-ragu, dengan haqqul yaqin, menetapkan Wajar Tanpa Pengecualian,"tegas Rizal.

Hal ini didasarkan pada pemeriksaan yang telah dilakukan BPK RI, menyatakan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bali Tahun 2016 telah disusun sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP) berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai.

Selain itu, memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berpengaruh langsung dan material terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan. Juga telah menyusun dan merancang unsur-unsur Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang memadai.

Dalam sambutannya Gubernur Bali Made Mangku Pastika bersyukur atas capaian tersebut. Pihaknya memberika apresiasi kepada BPK RI dan jajarannya yang telah merampungkan hasil pemeriksaan LKPD Provinsi Bali, dan juga semua pihak yang telah berupaya keras dalam capaian opini ini.

Ditegaskan capaian predikat opini WTP tersebut tidak mudah, diperlukan kerja keras dan dukungan semua pihak, terutama legislatif yang turut serta dalam melakukan pengawasan.

Pastika mengingatkan, capaian opini ini tidak dipandang sebagai prestasi administrasi yang normatif semata, namun lebih kepada penghargaan atas komitmen, integritas, profesionalitas, akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan Provinsi Bali.

"Capaian ini juga merupakan tantangan besar untuk terus mempertahankannya dengan kualitas laporan yang semakin meningkat," katanya. .

Di bagian lain, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta didampingi Inspektur Provinsi Bali dihadapan wartawan memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja keras, iklas, cerdas, dan kerja tuntas dalam capaian opini WTP ini. (gek)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi