Presiden Jokowi Harapkan Umat Islam Jangan Saling Menyalahkan

Sabtu, 10 Juni 2017 : 22.33
CIAMIS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan umat Islam dengan penduduk muslim terbesar di dunia itu agar menjaga ukhuwah dan persaudaraan antar sesama muslim jangan sampai saling menjelekkan atau menyalahkan satu sama lain.

Kepala menyampaikan itu di hadapan warga Pondok Pesantren Darussalam Ciamis Jawa Barat, Sabtu (10/6/2017).

Dia mengatakan, bahwa Indonesia ini adalah negara besar, semuanya agar dalam kehidupan muamalah marilah menjaga persaudaraan antar sesama muslim dalam Ukhuwah Islamiyah yang baik.

"Jangan sampai antar umat muslim, saling menjelekkan, saling mencemooh, saling menyalahkan," katanya mengingatkan dilansir laman setkab.go.id. Juga dengan umat yang lain, Presiden mengatakan, semua ini adalah saudara, saudara sebangsa dan setanah air dalam persaudaraan Ukhuwah Wathoniyah.

“Jadi jangan sampai antar umat juga saling menjelekkan, saling memfitna, saling menyalahkan, tidak, tidak boleh. Kita adalah saudara sebangsa dan setanah air,” tegas Presiden lagi. Menurutnya, banyak yang lupa, banyak yang tidak sadar, Indonesia negara muslim dan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia itu Indonesia.

“Di setiap konferensi-konferensi tingkat tinggi di seluruh dunia selalu saya awali dengan memperkenalkan diri, Presiden Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Selalu saya sampaikan ini karena ini adalah sebuah kekuatan,” ungkapnya,

Kepala Negara mengingatkan, bahwa Indonesia itu memiliki 17.000 pulau dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote, 17.000 Pulau.

Selain itu, Indonesia memiliki 516 kabupaten dan kota, 34 provinsi, 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah / Bahasa lokal. Artinya apa? Indonesia itu sangat beragam. Ini adalah takdir Allah, hukum Allah yang diberikan kepada kita, bangsa Indonesia.

"Dan itu juga merupakan anugerah dari Allah kepada kita dengan penduduk yang sangat beragam," kata Kepala Negara seraya menambahkan, beda suku, beda agama, beda Bahasa lokal, dan hidup tersebar di 17.000 pulau, tidak ada bangsa dan negara di dunia ini sebesar Indonesia.

Tampak hadir dalam acara silaturahmi Presiden Jokowi dengan keluarga besar Pondok Pesantren Darusslam, Ciamis itu, antara lain Mendikbud Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Wagub Jabar Deddy Mizwar, dan Bupati Ciamis Iing Syam Arifin. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi