Pantau Penyeberangan Padangbai-Lembar, SAR Bali Kerahkan Helikopter Bolco

Rabu, 21 Juni 2017 : 20.48
Helikopter SAR Denpasar (dok.kabarnusa)
BADUNG - Kantor SAR Denpasar mengerahkan satu unit Helikopter jenis Bolco - 105 untuk melakukan pemantauan di Pelabuhan penyebrangan Padangbai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Lombok.

Pengerahan Helikopter sesuai dengan rencana operasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2017, sekitar pukul 11.00 wita, Rabu (21/6/2017). Sebelumnya Kantor SAR Denpasar mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Arjuna 229 untuk melakukan pemantaun di pelabuhan penyebrangan Padangbai - Lembar.

"Memasuki H-4 hari lebaran, kita telah berangkatkan KN SAR Arjuna 229 untuk melakukan pemantaun di alur pelayaran Padangbai - Lembar," terang Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar.

Tak hanya di Pelabuhan penyebrangan Padangbai, lanjut Didi, KN SAR arjuna 229 akan berlayar selama tiga hari mendatang memalaui perairan utara Bali dan selanjutnya akan sandar di Pelabuhan ketapang Banyuwangi pada 23 Juni mendatang.

Berdasar hasil pantauan udara yang dilakukan Helikopter Basarnas, belum nampak adanya peningkatan jumlah di pemudik di pelabuhan Padangbai, Bali. Terlihat, antrean hanya didominasi oleh truck pengangkutan barang yang akan masuk menuju kapal.

Sementara alur pelayaran Padangbai - lembar terpantau Lancar. Dikatakan, "pemantauan melalui udara akan dilakukan kembali pada H-2 tanggal 23 juni mendatang," imbuhnya. Langkah itu dilakukan, mengingat kenaikan jumlah pemudik biasanya terjadi H-7 SD H+7 hari raya idul fitri yg bertepatan dengan edaran cuti bersama oleh pemerintah.

Kata Didi, kesiapsiagaan SAR harus terus digelar dekat dengan lokasi lokasi yang telah diperkirakan kemungkinan terjadinya peningkatan arus mudik lebaran tahun ini diwilayah Bali dan sekitarnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi