Kodim 1610 Gelar Pekan Pancasila di Klungkung

Senin, 05 Juni 2017 : 21.49
KLUNGKUNG - Kodim 1610/Klungkung selenggarakan Pekan Pancasila di SMAN 1 Dawan dan SMAN 1 Banjarangkan Kabupaten Klungkung Bali. Peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2017 digemakan keseluruh pelosok dan seluruh elemen masyarakat dengan tema "saya Indonesia dan saya Pancasila".

Kodim Klungkung memperingati hari lahirnya Pancasila dengan melaksanakan kegiatan Pekan Pancasila di SMAN 1 Dawan dan SMAN 1 Banjarangkan.

Pekan Pancasila yang dilaksanakan di SMAN 1 Dawan dan SMAN 1 Banjarangkan Klungkung dirangkaikan dengan kegiatan Perkemahan sabtu minggu (Persami) Pramuka agar tidak mengganggu jam pelajaran.

Tujuan kegiatan Pekan Pancasila dilaksanakan agar generasi muda pahan dan setia kepada Pancasila sebagai Idiologi bangsa dan negara Indonesia, serta jadikan Pancasila sebagai pedoman pada kehidupan sehari-sehari

Kegiatan dihadiri Dandim 1610/Klungkung Kolonel Kav. Jacob Jannes Patty, Danramil dan Babinsa, Kepala sekolah SMAN 1 Dawan dan SMAN 1 Banjarangkn serta dewan Guru dan siswa Siswi SMAN 350 orang.

Dalam pembekalannya Dandim 1610/Klungkung memberikan wawasan kebangsaan dan Bela negara dengan tema saya Indonesia dan Saya Pancasila, kepada anak-anak sekolah.

"Anak-anak sebagai genarasi muda penerus bangsa yang mana generasi muda harus mempunyai jati diri serta selalu mempunyai pikiran positif dan siap untuk mempertahankan dan memperjuangkan keutuhan Indonesia demi tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila," ujar Dandim Jacob.

Diakhir ceramahnya Dandim juga menyampaikan Kondisi wilayah agar anak-anak waspada dengan hal-hal yang dapat mengancam seperti Bahaya peredaran dan penggunaan narkoba, ancaman terorisme, penyalahgunaan Medsos dan berita yang memprovokasi.

Mari kita berjuang dan bergotong royong mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang, karena saya Indonesia saya Pancasila.

Kegiatan lanjutan diisi oleh pembina Pramukan Pelda Dewa Maidi Putra memberikan materi outbond Tongkat estafet, Boduzer, permadani terbang, Hulahop, Water estafet, memindahkan bola dengan tali dan diakiri dengan pembuatan api unggun.

Kepala sekolah SMAN 1 Dawan maupun Banjarangkan menyambut baik kegiatan ini karana dapat meningkatkan jati diri anak-anak dalam menangkal hal negatif.

Pembekalan bela negara dan wawasan kebangsaan ini sangat penting diberikan kepada para siswa, karana saat ini maraknya tindakan intolenransi, perdaran Narkoba, Radikalisme dan mulai lunturnya rasa nasionalisme.

Diharapakan kegiatan seperti ini dapat berlanjut diwaktu kedepan terutama kepada para generasi mudanya. (gek)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi