Gempa 4,2 SR Guncang Bima, Tak Berpotensi Tsunami

Minggu, 11 Juni 2017 : 15.55
ilustrasi.net
DENPASAR - Warga Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat dikejutkan adanya gempa bumi berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) yang terjadi, Minggu (11/6/2017). Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bima, menurut analisis BMKG terjadi pada pukul 12:50:51 WIB.

Diketahui, kekuatan M=4.2 Skala Richter dengan episenter terletak di darat pada koordinat 8.35 LS dan 118.08 BT, pada kedalaman 24 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Bima dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI).

"Ini dikonfirmasi laporan dari masyarakat bahwa guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang," ujar Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan dalam rilisnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya Gempa bumi darat di Bima ini merupakan jenis gempabumi tektonik akibat aktivitas sesar aktif. Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan.

Karena terjadi di darat, maka gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Kami himbau masyarakat Bima dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpancing isu dari pihak yang tidak bertanggung jawab," demikian Taufik. (rhm)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi