Gandeng Mahasiswa Unud, Kodim Gianyar Tanam Padi Sistem Demplot

Selasa, 06 Juni 2017 : 03.53
GIANYAR - Kodim 1616/Gianyar meningkatkan upaya kegiatan swasembada pangan di Kabupaten Gianyar khususnya di Gianyar, Senin (5/6) berupa penanaman padi secara serentak yang dilakukan pada areal persawahan seluas 70 Are di Subak Delod Siangan Desa Siangan KecamatanGianyar.

Penanaman padi serentak dilakukan anggota Kodim 1616/Gianyar bersama mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Distan Gianyar serta melibatkan masyarakat setempat.

Kegiatan penanaman secara serentak diprioritaskan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan di wilayah dengan menggunakan sistem Demplot Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

Hal itu dilakukan guna meningkatkan Swasembada pangan di Gianyar didukung pola penanaman padi menggunakan sistem Jarwo 2 : 1 dengan menggunakan mesin Transplanter dan manual dengan jenis padi yang ditanam yaitu luas lahan 40 are ditanam jenis padi IR 64 dan jenis padi IR Infari 30.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat, SE menyatakan, selama ini terus menurunkan Babinsa dari seluruh Koramil jajaran untuk bersama Mahasiswa, PPL dan warga Subak dalam upaya pendampingan maupun perbantuan untuk bersama mengatasi kesulitan baik pendataan kerusakan.

"Juga, perbaikan dan pengoptimalan sarana irigasi serta penerapan pola tanam Demplot sebagai upaya sinergi dan saling dukung antara Dinas Pertanian dengan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan dengan memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal," jelasnya.

Namun demikian, leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian namun dengan adanya mahasiswa diharapkan kedepan dunia pertanian dapat ditingkatkan dengan kemajuan teknologi. "Juga pendampingan terhadap penyuluh lapangan dan petani," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi