Dekopinda Tabanan Gelar Seminar Perkoperasian

Jumat, 16 Juni 2017 : 19.38
Suasana seminar perkoperasian yang digelar Dekopinda Tabanan
TABANAN - Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan, Bali menggelar Seminar Perkoperasian di Aula Gedung Dekopinda Tabanan, Jumat (16/6/2017)

Seminar sehari yang mengusung tema "Tantangan Koperasi dalam Kondisi Global" ini, diikuti 100 orang peserta dari perwakilan koperasi dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tabanan.

Ketua Dekopinda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa sebelum membuka secara resmi acara seminar dalam sambutannya mengungkapkan, seminar ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan wacana SDM koperasi yang menjadi peserta seminar.

"Selain itu, seminar ini juga diharapkan bisa untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi koperasi dalam era globalisasi sehingga koperasi bisa tetap maju dan mandiri," katanya.

Nyoman Wirna Ariwangsa yang juga menjabat Sekda Tabanan ini mengungkapkan, ada berbagai masalah yang dihadapi koperasi di Kabupaten Tabanan. Di antaranya adalah koperasi kalah bersaing dengan lembaga yang bergerak di bidang pemberian modal dan penyimpanan.

Masalah lainnya yakni sulitnya koperasi berkembang. Baik karena faktor internal dan ekstenal, masalah permodalan atau masalah kemampuan pengurus atau SDM koperasi itu sendiri.

"Masih banyak masalah dan hambatan yang dihadapi koperasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Tabanan," katanya berterus-terang.

Terkait permasalahan tersebut, tambah Wirna, pemerintah telah membuat berbagai peraturan dan regulasi agar koperasi bisa tetap berkembang menjadi soko guru ekonomi di Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan AA. Gede Dalem Trisna Ngurah dalam sambutannya mengapresiasi Dekopinda Tabanan yang telah menggelar seminar sehari tentang perkoperasian.

Dalem Trisna berharap adanya seminar ini bisa memberikan solusi terhadap berbagai masalah yang dihadapi koperasi di Tabanan.

"Kalau ada permasalahan yang dihadapi koperasi yang saudara kelola, silakan diungkapkan dalam seminar ini agar bisa dicarikan solusinya oleh narasumber dan peserta seminar lainnya," katanya kepada para peserta seminar.

Dalam seminar kali ini, panitia menghadirkan tiga orang nara sumber / pembicara dari internal Dekopinda. Manajer KUD Penebel I Nyoman Natia yang membawakan makalah Menyikapi dan Menghadapi Tantangan di Era Ekonomi Global dalam Menjalankan Usaha Koperasi.

Narasumber dari KSP Mulia Sejahtera Fransiskus M Patarruk membawakan makalah Strategi Pengelolaan Koperasi. Sedangkan Narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Tabanan. Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Ni Nyoman Yudiani, membawakan makalah Klinik Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (gus)
Berita Terbaru
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi